Wahyuni, Popi Ulpa
(2024)
Pengaruh Kedisiplinan Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VI di Sekolah Dasar.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Kedisiplinan merupakan keadaan sikap atau perilaku seseorang individu
yang pada hakikatnya mencerminkan ketaatan dan kepatuhan serta kesadaran
dalam menjalankan tugas dan kewajiban untuk mencapai tujuan tertentu.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya siswa Sekolah Dasar yang masih
mengabaikan kedisiplinan belajar. Matematika merupakan mata pelajaran yang
membutuhkan ketekunan dan disiplin belajar yang tinggi untuk dapat
memahaminya. Siswa mengikuti pelajaran di sekolah dengan tujuan memperoleh
hasil belajar yang baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah
terdapat pengaruh kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar Matematika siswa
kelas VI di Sekolah Dasar. Penelitian ini dilaksanakan di lima Sekolah Dasar, di
Nagari Pauh Kmbar, Kecamatan Nan Sabaris, Kabupaten Padang Pariaman.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan
metode penelitian Ex Post Facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh
siswa kelas VI di lima Sekolah Dasar, di Nagari Pauh Kmbar, Kecamatan Nan
Sabaris, yang berjumlah 102 siswa, dan sampel sebanyak 81 siswa. Teknik yang
digunakan dalam pengambilan sampel adalah simple random sampling.
Pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Variabel penelitian
meliputi kedisiplinan belajar sebagai variabel independen dan hasil belajar
sebagai variabel dependen. Perhitungan pengujian hipotesis
menggunakan
bantuan program SPSS versi 26. Teknik pengujian hipotesis menggunakan
analisis regresi, sebelum dilakukan uji analisis dilakukan uji prasyarat yaitu uji
homogenitas, uji normalitas, dan uji linearitas.
Pengujian penelitian menunjukkan : pengujian hipotesis dengan taraf
signifikansi 5% diperoleh hasil yang menunjukkan bahwa terdapat pengaruh
kedisiplinan terhadap hasil belajar siswa. Ditunjukkan oleh hasil koefisien
korelasi (R) sebesar 0,407, dan koefisien determinasi (R2) sebesar 17%. Hasil
perhitungan uji t sebesar 3,960, sedangkan pada ttabel adalah 1,990 pada taraf
signifikansi 5% yang berarti bahwa H0 tolak, sedangkan H1 diterima. Hal ini
menunjukkan bahwa 17% hasil belajar dipengaruhi oleh kedisiplinan belajar
siswa, dan selebihnya 83% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti.
Kesimpulan dari penelitian yaitu, Terdapat pengaruh yang signifikan antara
kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VI di Sekolah
Dasar
Actions (login required)
|
View Item |