Usaha Guru Pendidikan Agama Islam dalam Memperbaiki Ibadah Peserta Didik di Madrasah Aliyah Negeri 5 Agam Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam

Marzuki, Darlina Nuralisyarifah (2023) Usaha Guru Pendidikan Agama Islam dalam Memperbaiki Ibadah Peserta Didik di Madrasah Aliyah Negeri 5 Agam Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_07_DARLINA_NURALISYARIFAH_MARZUKI_19329008_2638_2023.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh realita bahwa saat ini dikalangan remaja banyak terjadi kelalaian dalam pelaksanaan ibadah terkhusus dalam shalat. Oleh karena itu, sekolah harus melaksanakan usaha yang dibuat dengan semaksimal mungkin agar generasi muda memahami pentingya ibadah dan terbiasa melakanakan ibadah di manapun. Penelitian ini difokuskan pada usaha guru pendidikan agama Islam dalam memperbaiki ibadah peserta didik di MAN 5 Agam, dengan rumusan masalah sebagai berikut : 1) Bagaimana guru pendidikan agama Islam dalam memberikan pengetahuan atau pembelajaran ibadah kepada peserta didik, 2) Bagaimana guru pendidikan agama Islam dalam menanamkan kesadaran tentang pentingnya ibadah pada peserta didik, 3) Bagaimana guru pendidikan agama Islam dalam melakukan pengawasan ibadah peserta didik. Untuk mencapai tujuan tersebut menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Penelitian ini dilaksanakan di MAN 5 Agam. Informan dalam penelitian ini adalah guru pendidikan Islam dan siswa kelas XI dan XII jurusan IPA dan PK. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dari penelitian kemudian dianalisis dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Teknik keabsahan data yang digunakan adalah dengan menggunakan triangulasi sumber, dengan membandingkan dan mengecek kembali derajat kepecayaan terhadap informasi yang diperoleh melalui alat, waktu dan sumber yang berbeda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Guru pendidikan agama Islam telah memberikan pengetahuan atau pembelajaran ibadah kepada peserta didik di MAN 5 Agam melalui proses pembelajaran di kelas dan di luar kelas saat tambahan pembelajaran pada kultum yang dilaksanakan setelah shalat Dzuhur. 2) Guru pendidikan agama Islam dalam menanamkan kesadaran tentang pentingnya ibadah kepada peserta didik menggunakan usaha berupa keteladanan, pembiasaan, nasehat, dan hukuman. 3) Guru pendidikan agama Islam dalam melakukan pengawasan ibadah peserta didik dengan cara pengecekan agenda shalat oleh wali kelas, guru piket yang melaksanakan tugas dengan menyerukan peserta didik untuk segera ke mushala dan mengecek ketiap kelas siswa yang berleha-leha serta yang tidak shalat, kemudian guru PAI yang memperhatikan wudhu’ siswa dan memastikan siswa masuk ke mushala untuk melaksanakan shalat Dzuhur berjamaah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRivauzi, AhmadUNSPECIFIED
CorrectorRahman, RiniUNSPECIFIED
CorrectorSatria, RenggaUNSPECIFIED
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Agama Islam-S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 30 May 2024 04:06
Last Modified: 30 May 2024 04:06
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52282

Actions (login required)

View Item View Item