Efektivitas Media Pembelajaran Interaktif dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Rumah Sehat Pembelajaran IPAS pada Siswa Cerebral Palsy

Sari, Septrika Puspita (2024) Efektivitas Media Pembelajaran Interaktif dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Rumah Sehat Pembelajaran IPAS pada Siswa Cerebral Palsy. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_02_SEPTRIKA_PUSPITA_SARI_20003090_3526.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang terjadi pada satu siswa cerebral palsy yang belum mampu mengenal konsep rumah sehat sudah berada di kelas VIII. Untuk mengatasi hal tersebut, peneliti bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal konsep rumah sehat pada siswa cerebral palsy dengan menggunakan media pembelajaran interaktif. Jenis penelitian ini yaitu penelitian eksperimen dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dalam bentuk Single Subject Research (SSR) berdesian A-B- A. Variabel X pada penelitian ini yaitu media pembelajaran interaktif, sedangkan variabel Y pada penelitian ini itu kemampuan mengenal konsep rumah sehat. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes, dan dokumentasi. Alat pengumpulan data pada penelitian ini yaitu instrument tes berbentuk checklist. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode analisis visual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan mengenal konsep rumah sehat pada siswa cerebral palsy dengan menggunakan media pembelajaran interaktif. Hal ini dibuktikan dengan kondisi A1 selama 3 pertemuan siswa memperoleh skor 45,4%, 45,4%, 45,4%. Kondisi B selama 7 pertemuan siswa memperoleh skor 51,5%, 63,6%, 66,6%, 87,6%, 100%, 100%, 100%. Lalu, pada kondisi A2 selama 3 pertemuan siswa memperoleh skor 96,9%, 96,6%, 96,6%. Setelah dianalisis, maka media pembelajaran interaktif terbukti dapat meningkatkan kemampuan mengenal konsep rumah sehat pada siswa cerebral palsy.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNurhastuti, NurhastutiUNSPECIFIED
CorrectorIswari, MegaUNSPECIFIED
CorrectorArdisal, ArdisalUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Interaktif Kemampuan Mengenal Konsep Siswa Cerebral Palsy
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Mrs. Melinda Febrianti, S.IP
Date Deposited: 30 May 2024 04:06
Last Modified: 30 May 2024 04:06
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52281

Actions (login required)

View Item View Item