Pengaruh Penggunaan Bungkusan Makanan Ringan terhadap Kemampuan Membaca Awal pada Anak di Taman Kanak-kanak Jamilah Kecamatan Rao Kabupaten Pasaman

Indriani, Indriani (2024) Pengaruh Penggunaan Bungkusan Makanan Ringan terhadap Kemampuan Membaca Awal pada Anak di Taman Kanak-kanak Jamilah Kecamatan Rao Kabupaten Pasaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_07_INDRIANI_19022168_3078.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Kemampuan membaca awal anak di Taman Kanak-kanak Jamilah Kecamatan Rao Kabupaten Pasaman menunjukkan bahwa masih banyak anak yang sulit mengenal simbol-simbol huruf, membedakan huruf vokal, huruf konsonan, dan merangkai huruf menjadi sebuah kata. Selain itu, anak masih kesulitan dalam menghubungkan dan menyebutkan tulisan sederhana dengan simbol yang melambangkannya. Hal ini disebabkan karena media yang digunakan dalam pembelajaran membaca belum bervariasi. Media yang digunakan hanya papan tulis dan majalah. Tujuan penelitian ini adalah agar terjadi peningkatan terhadap perkembangan membaca awal anak melalui media bungkusan makanan ringan di Taman Kanak-kanak Jamilah Kecamatan Rao Kabupaten Pasaman. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Quasi Eksperimental. Penelitian dilaksanakan di TK Jamilah Kecamatan Rao Kabupaten Pasaman dengan melakukan di dua kelas, yakni kelompok eksperimen kelas B3 sebanyak 10 anak serta kelompok kontrol kelas B4 sebanyak 10 anak. Teknik dalam mengumpulkan data menggunakan instrumen penelitian berupa indikator-indikator yang akan dicapai sebanyak 12 butir item, yang dilakukan melalui tes perbuatan. Teknik analisis data memakai uji normalitas, homogenitas serta hipotesis. Berdasarkan analisis data, secara keseluruhan terjadi kenaikan skor terhadap kelas eksperimen dan kelas eksperimen. Skor pre-test 314 Dan skor post-test 397, sedangkan hasil rata-rata pre-test dan post-test kelas eksperimen adalah 31,40 dan 39,70. Sementara skor pada pre-test dan post-test kelas kontrol adalah 315 dan 354. Data yang dihasilkan berdistribusi normal serta homogen. Pada uji hipotesis dengan independent sample t-test nilai sig (2 tailed) 0,000 yaitu lebih kecil dari 0,05. Dapat disimpulkan bahwa dari data yang diperoleh terdapat pengaruh yang signifikan antara membaca awal dengan media bungkusan makanan ringan dan yang diberikan guru dengan media kartu huruf kemampuan membaca awal anak usia 5-6 tahun di TK Jamilah Kecamatan Rao Kabupaten Pasaman

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAzizah, NurUNSPECIFIED
CorrectorSuryana, DadanUNSPECIFIED
CorrectorWirman, AsdiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Membaca Bungkus Makanan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini - S1
Depositing User: Mrs. Melinda Febrianti, S.IP
Date Deposited: 29 May 2024 02:58
Last Modified: 29 May 2024 02:58
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52244

Actions (login required)

View Item View Item