Pengembangan Media Video Animasi pada Pembelajaran IPAS di Kelas V SD

Rahmalia, Zelina (2024) Pengembangan Media Video Animasi pada Pembelajaran IPAS di Kelas V SD. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_06_ZELINA_RAHMALIA_19129082_3181.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi oleh penerapan media pembelajaran berbasis teknologi yang belum terlaksana secara maksimal, media yang digunakan guru terbatas pada buku paket serta media yang sederhana, sehingga pembelajaran tidak interaktif dan cenderung monoton. Keterbatasan pengetahuan, kemampuan dan waktu menjadi kendala terhadap pembuatan media pembelajaran berbasis teknologi. Penelitian ini bertujuan mengembangkan media video animasi yang dibuat menggunakan Microsoft PowerPoint 2010 yang valid dan praktis. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Data diperoleh berdasarkan angket validasi ahli materi, ahli kebahasaan, dan ahli media serta angket praktikalitas berdasarkan respons guru dan respons peserta didik. Sekolah uji coba pada penelitian ini adalah kelas V SD Negeri 53/III Koto Patah dan SD Negeri 021/III Koto Patah dengan 30 orang peserta didik tahun ajar 2023-2024. Sedangkan, sekolah penelitian adalah kelas V SD Negeri 205/III Koto Patah dengan 31 orang peserta didik tahun ajar 2023-2024. Hasil uji validitas media video animasi pada pembelajaran IPAS di kelas V SD ini memperoleh persentase sebesar 96,8% dengan kategori sangat valid, hasil uji validitas materi sebesar 96% dengan kategori sangat valid, dan hasil uji validitas bahasa sebesar 88% dengan kategori sangat valid. Sedangkan hasil uji praktikalitas di sekolah uji coba, yakni di SD Negeri 53/III Koto patah memperoleh persentase sebesar 96% dengan kategori sangat praktis untuk angket respons guru dan 94,6% untuk angket respons peserta didik dengan kategori sangat praktis dan di SD Negeri 021/III Koto patah memperoleh persentase sebesar 100% dengan kategori sangat praktis untuk angket respons guru dan 95,5% untuk angket respons peserta didik dengan kategori sangat praktis. Selanjutnya, hasil uji praktikalitas di sekolah penelitian mendapat hasil 100% dengan kategori sangat praktis untuk angket respon guru dan 99,9% dengan kategori sangat praktis untuk angket respon peseta didik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Media Video Animasi pada Pembelajaran IPAS di Kelas V SD telah valid dan praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAstimar, NellyUNSPECIFIED
CorrectorZuryanty, ZuryantyUNSPECIFIED
CorrectorWaldi, AtriUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Media Video Animasi Siswa Sekolah Dasar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs. Melinda Febrianti, S.IP
Date Deposited: 29 May 2024 01:37
Last Modified: 29 May 2024 01:37
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52240

Actions (login required)

View Item View Item