Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta didik Pada Pembelajaran Geografi

Robhir, Nina Juniati Putri (2024) Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta didik Pada Pembelajaran Geografi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_NINA_JUNIATI_PUTRI_ROBHIR_19045029_741_2024.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaraan problem based learning terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik pada pembelajaran geografi. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan rancangan randomized control group post-test only design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik Kelas XI Fase F di SMA Negeri 1 Tanjung Mutiara. Sampel pada penelitian ini yaitu peserta didik XI F 7 sebagai kelas kontrol dan XI F 9 sebagai kelas eksperimen. Data dikumpulkan melalui tes yang terdiri dari lima indikator berpikir kritis yang dikemukankan Ennis. Penelitian ini menemukan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran problem based learning terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik pada pembelajaran geografi. Hal ini ditunjukan dengan hasil rata-rata tes berpikir kritis pada kelas eksperimen lebih tinggi dengan perolehan nilai rata-rata 72,1 dibandingkan hasil tes berpikir kritis peserta didik pada kelas kontrol dengan perolehan nilai rata-rata 63,6. Data di atas dianalisis menggunakan uji t ( Independent Sample T-Test ). Diperkuat oleh hasil uji t yang diperoleh nilai thitung 2,627 lebih besar dibandingkan nilai ttabel yang telah di tetapkan yaitu 1,670 sehingga dapat disimpulkan bahwa H1 diterima dan H0 ditolak. Dengan ini penelitian ini sesuai dengan hipotesis yang diajukan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNofrion, NofrionUNSPECIFIED
CorrectorSuasti, YurniUNSPECIFIED
CorrectorAnwar, SyafriUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 29 May 2024 01:36
Last Modified: 29 May 2024 01:37
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52231

Actions (login required)

View Item View Item