Analisis Pemahaman Kimia dan Keterampilan Proses Kurikulum Merdeka pada Materi Struktur Atom Fase E SMA/MA

Humayra, Tiva Hanim (2024) Analisis Pemahaman Kimia dan Keterampilan Proses Kurikulum Merdeka pada Materi Struktur Atom Fase E SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_07_TIVA_HANIM_HUMAYRA_19035168_1589_2024.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Kemendikbudristek telah mengeluarkan perubahan kurikulum baru, yaitu Kurikulum Merdeka yang diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 56 Tahun 2022 tentang Pedoman Penerapan Kurikulum Dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran. Capaian pembelajaran yang tercantum dalam BSKAP 033 tahun 2022 terdapat 3 bagian naskah CP, antara lain CP kimia secara umum, CP per-fase dan CP per-elemen tiap fase, dimana terdiri dari elemen pemahaman kimia dan keterampilan proses. Pada CP kimia tidak tercantumkan semua materi yang akan dipelajari karena ada materi-materi yang tersamarkan terdapat pada standar isi serta hirarki materi pada buku IPA fase E SMA/MA terbitan Kemendikbud materi struktur atom belum urut dan belum lengkap. Oleh karena itu, perlu dilakukan analisis terkait capaian pembelajaran kimia. Hirarki materi pada topik struktur atom dianalisis berdasarkan keluasan dan kedalaman materinya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis konten. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi pustaka dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah model interaktif yang dikembangkan oleh Milles dan Huberman. Hasil penelitian yang diperoleh adalah: (1) rumusan capaian pembelajaran (CP) kimia menjadi komprehensif jika CP fase E dan CP per elemen dikombinasikan sehingga terdiri dari satu kesatuan yang utuh antara lain, kompetensi pengetahuan, keterampilan dan sikap, (2) perumusan tujuan pembelajaran (TP) dari CP kimia direkomendasikan menggunakan alternatif penurunan TP ketiga pada buku Panduan dan Pembelajaran yaitu penurunan TP berdasarkan lintas elemen CP, (3) hirarki materi struktur atom dianalisis berdasarkan keluasan dari CP dan standar isi, kedalaman dari buku kimia textbook standar, dan dibatasi oleh buku IPA Kemendikbud yang dipelajari siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYusmaita, EkaUNSPECIFIED
CorrectorIswendi, IswendiUNSPECIFIED
CorrectorYerimadesi, YerimadesiUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 28 May 2024 03:10
Last Modified: 28 May 2024 03:10
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52218

Actions (login required)

View Item View Item