Evaluasi Program Pembelajaran Produktif Bidang Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan di Sekolah Menengah Kejuruan

Sari, Yosi Nofita (2024) Evaluasi Program Pembelajaran Produktif Bidang Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan di Sekolah Menengah Kejuruan. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_05_YOSI_NOFITA_SARI_21138052_1131_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) salah satu lembaga pendidikan yang memiliki tujuan untuk menyiapkan peserta didik menjadi tenaga kerja yang terampil sesuai kompetensi. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi program pembelajaran produktif bidang keahlian Teknik Komputer dan Jaringan di SMK Negeri 8 Padang pembelajaran menggunakan model evaluasi Countenance Stake (Antecedents, transaction dan Outcomes). Penelitian ini adalah penelitian evaluasi dengan metode penelitian kombinasi (mixed methods) dengan model desain sequential explanatory. Responden penelitian adalah siswa kelas XI bidang keahlian Teknik Komputer dan Jaringan SMK Negeri 8 Padang sejumlah 63 orang, guru mata pelajaran produktif Teknologi Layanan Jaringan, wakil kepala kurikulum, ketua jurusan bidang keahlian Teknik Komputer dan Jaringan. Teknik pengumpulan data menggunakan Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, kuesioner, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data untuk data kuantitatif menggunakan analisis persentase, untuk data kualitatif dianalisis dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan/verifikasi. Penggabungan dilakukan untuk menentukan data saling memperkuat atau bertentangan serta memperdalam data temuan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan program pembelajaran produktif bidang keahlian Teknik Komputer dan Jaringan di SMK Negeri 8 Padang jika ditinjau dari indikator komponen Antecedents yang terdiri dari indikator perencanaan silabus, perencanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), perencanaan penilaian, dan persiapan sarana prasarana memiliki predikat dengan rata-rata 78.5% dalam kategori cukup. Pada tahapan transaction terdiri dari tiga indikator yaitu, kegiatan pendahuluan, inti dan penutup memiliki predikat dengan rata-rata 79.48% dalam kategori cukup. Komponen Outcomes yang terdiri dari indikator pengetahuan siswa, keterampilan siswa, perilaku siswa, dan motivasi siswa perlu ditingkatkan lagi dari setiap aspek, sehingga dari segi komponen memiliki predikat dengan rata-rata 76.7% dalam kategori cukup baik. Berdasarkan hasil penelitian di atas terlihat bahwa pencapaian program pembelajaran produktif bidang keahlian Teknik Komputer dan Jaringan di SMK Negeri 8 Padang masih berada pada kategori cukup, oleh karena itu perlu dilakukan perbaikan dan pengoptimalan di setiap unsur komponennya.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAmbiyar, AmbiyarUNSPECIFIED
CorrectorIrfan, DedyUNSPECIFIED
CorrectorWaskito, WaskitoUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PEMBELAJARAN PRODUKTIF, TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan - S2
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 27 May 2024 04:49
Last Modified: 27 May 2024 04:49
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52191

Actions (login required)

View Item View Item