Pengembangan Model Pembelajaran Group Investigation Project Oriented pada Mata Kuliah Pemrograman Internet.

Zamzami, Zamzami (2024) Pengembangan Model Pembelajaran Group Investigation Project Oriented pada Mata Kuliah Pemrograman Internet. Doctoral thesis, Pasca Sarjana.

[img]
Preview
Text
B1_ZAMZAMI_15193036_647_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan dan analisis kebutuhan yang dilakukan pada mata kuliah Pemrograman Internet, ditemukan hasil belajar dan kemampuan memecahkan masalah dalam mata kuliah Pemrograman Internet yang masih rendah, sehingga perlu pengembangan model pembelajaran yang relevan dengan situasi pembelajaran saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah model pembelajaran Group Investigation Project Oriented (GIPO) pada mata kuliah Pemrograman Internet yang valid, efektif dan praktis. Jenis Penelitian ini adalah Research and Development, metode dan prosedur pengembangan menerapkan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). Model pembelajaran GIPO menggunakan 7 langkah; 1) Start with the essential question, 2) Design a plan for the project, 3) Create a schedule, 4) Carrying out the Investigation, 5) Monitor the student and the progress of the project, 6) Presenting the Final Report, 7) Evaluate the experience. Teknik analisis menggunakan uji Aiken's V, dan validitas menggunakan uji pakar dan focus group discussion. Uji kepraktisan dilakukan penerapan produk kepada tenaga pendidik dan peserta didik dalam bentuk angket kepraktisan produk dan untuk menguji efektivitas produk dengan eksperimen Two-Group Pretest dan Posttest Design. Temuan penelitian adalah sebuah Model Pembelajaran GIPO pada mata kuliah Pemrograman Internet. Model Pembelajaran GIPO ini mampu meningkatkan kemampuan 4C (Critical Thinking, Communication, Collaboration, dan Creativity) peserta didik dengan cara bekerja sama dengan kelompok belajar, model dan sistem pendukung yang memenuhi kriteria validitas, disusun berbasis model penelitian dan pengembangan dan layak digunakan menurut para pakar. Implikasi penelitian ini bahwa Model GIPO yang dikembangkan mampu meningkatkan hasil belajar mata kuliah Pemrograman Internet. Terjadi perubahan sikap, baik tenaga pendidik maupun peserta didik dalam mencapai tujuan pembelajaran. Terjadi peningkatan rata-rata sebenar 11% pada kompetensi yang dimiliki peserta didik, hal ini dapat diasumsikan bahwa dengan model pembelajaran GIPO mampu meningkatkan kompetensi 4C yang dimiliki peserta didik secara simultan. Bagi mata kuliah Pemrograman Internet model GIPO ini mempermudah teori-teori abstrak untuk dipahami peserta didik, sehingga dengan pemahaman teori dapat melahirkan programmer handal yang dapat memajukan perkembangan teknologi di Indonesia.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorGanefri, GanefriUNSPECIFIED
CorrectorRizal, FahmiUNSPECIFIED
CorrectorJalinus, NizwardiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: MODEL PEMBELAJARAN, PEMROGRAMAN INTERNET, PESERTA DIDIK
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan - S3
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 27 May 2024 04:48
Last Modified: 27 May 2024 04:48
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52184

Actions (login required)

View Item View Item