Pengaruh Penggunaan Flipbook Berbasis Pendekatan Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas VII SMP IT Madani Islamic School Payakumbuh

Zaini, Muhammad (2024) Pengaruh Penggunaan Flipbook Berbasis Pendekatan Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas VII SMP IT Madani Islamic School Payakumbuh. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_Muhammad_Zaini_20029021_2055_2024.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah matematis merupakan salah satu tujuan yang harus dicapai peserta didik dalam pembelajaran matematika. Namun kenyataannya kemampuan pemecahan masalah matematis yang dimiliki oleh peserta didik kelas VII SMP IT Madani Islamic School Payakumbuh masih rendah, terlihat dari hasil tes peserta didik yang belum mampu menyelesaikan permasalahan secara tepat sesuai dengan indikator-indikator kemampuan pemecahan masalah matematis. Upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan flipbook berbasis problem based learning. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui, mendeskripsikan dan menganalisis kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang belajar dengan menggunakan flipbook berbasis PBL lebih baik daripada yang menggunakan bahan ajar konvensional di kelas VII SMP IT Madani Islamic School Payakumbuh. Jenis penelitian yang digunakan yaitu quasy experiment dengan rancangan penelitian nonequivalent posttest-only control group design. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik VII SMP IT Madani Islamic School Payakumbuh, dengan kelas VII.4 sebagai kelas kontrol dan VII.6 sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematis berbentuk soal uraian. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik pembelajarannya menggunakan flipbook berbasis PBL lebih baik daripada yang menggunakan bahan ajar konvensional pada kelas VII SMP IT Madani Islamic School Payakumbuh. Hal ini menunjukkan bahwa flipbook berbasis PBL berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSuherman, SuhermanUNSPECIFIED
CorrectorYarman, YarmanUNSPECIFIED
CorrectorRani, Maulani MeutiaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 22 May 2024 04:49
Last Modified: 22 May 2024 04:49
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52163

Actions (login required)

View Item View Item