Pengaruh Model Pembelajaran RADEC terhadap Penguasaan Konsep dan Kemampuan Menulis Teks Fiksi Peserta Didik di Kelas V SD

Rahmadona, Three (2024) Pengaruh Model Pembelajaran RADEC terhadap Penguasaan Konsep dan Kemampuan Menulis Teks Fiksi Peserta Didik di Kelas V SD. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_THREE_RAHMADONA_22124060_1041_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh guru yang mengajar secara konvensional, seperti ceramah yang monoton dan guru cenderung menjadi pusat pembelajaran, dengan peserta didik berperan pasif, hanya mencatat materi yang dituliskan oleh guru di papan tulis, sehingga memengaruhi kemampuan menulis teks fiksi peserta didik. Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan pengaruh model pembelajaran RADEC terhadap penguasaan konsep dan kemampuan menulis teks fiksi peserta didik di kelas V Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif-eksperimen semu (quasi-experiment) dengan rancangan non-equivalent control group design menggunakan kelas eksperimen yang terdiri dari 14 sampel dan kelas kontrol yang terdiri dari 20 sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, soal tes pretest dan posttest, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas variansi, uji independent sample t test, dan uji regresi linear sederhana dengan SPSS IBM26. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh penggunaan model pembelajaran RADEC terhadap penguasaan konsep dan kemampuan menulis teks fiksi peserta didik. Perbedaan rata-rata penguasaan konsep teks fiksi kelas eksperimen dan kelas kontrol memiliki signifikansi 0,024 pada α= 0,05. Terdapat perbedaan rata-rata penguasaan konsep teks fiksi peserta didik antara yang diajar dengan model RADEC dan konvensional karena 0,024<0,05. Ada peningkatan rata-rata penguasaan konsep teks fiksi peserta didik sebesar 28,12 setelah diberikannya perlakuan atau setelah menggunakan model pembelajaran RADEC. Hasil analisis statistik juga menunjukkan adanya perbedaan rata-rata kemampuan menulis teks fiksi peserta didik antara yang diajar dengan model RADEC dan konvensional, dengan perolehan sig 0,047<0,05. Terdapat peningkatan rata-rata kemampuan menulis teks fiksi peserta didik sebanyak 17,5 setelah diberikannya perlakuan atau setelah menggunakan model pembelajaran RADEC. Selain itu, penguasaan konsep teks fiksi berpengaruh positif terhadap kemampuan menulisnya menggunakan model RADEC dengan perolehan sig 0,004. Diketahui pengaruh penguasaan konsep teks fiksi peserta didik terhadap kemampuan menulis teks fiksi adalah sebesar 51,7%, sedangkan 48,3% kemampuan menulis teks fiksi dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diketahui. Diharapkan untuk meningkatkan pemahaman konsep dan keterampilan menulis teks fiksi terutama bagi peserta didik kelas V, penting bagi pendidik untuk mempertimbangkan penggunaan model pembelajaran RADEC.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAhmad, SyafriUNSPECIFIED
CorrectorSukma, ElfiaUNSPECIFIED
CorrectorFitria, YantiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: MENULIS TEKS CERITA FIKSI, PEMBELAJARAN RADEC
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 22 May 2024 04:31
Last Modified: 22 May 2024 04:31
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52156

Actions (login required)

View Item View Item