Hubungan Internet of Things (IoT) terhadap Minat Belajar Biologi Peserta Didik Kelas XI di SMA Pertiwi 1 Padang

Fadillah, Irfan (2024) Hubungan Internet of Things (IoT) terhadap Minat Belajar Biologi Peserta Didik Kelas XI di SMA Pertiwi 1 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_03_Irfan_Fadillah_19031020_2160_2024.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Internet memiliki peranan penting untuk minat belajar bagi kalangan peserta didik dan membawa pengaruh yang besar terhadap dunia pendidikan. Perkembangan jaringan komputer yang semakin baru menghadirkan sebuah teknologi yang memungkinkan perangkat-perangkat biasa untuk berkomunikasi satu sama lain melalui jaringan yang disebut juga dengan Internet of Things (IoT). Pemanfaatan IoT merupakan salah satu inovasi yang berperan penting untuk meningkatkan minat belajar peserta didik dalam pembelajaran. Berdasarkan observasi, SMA 1 Pertiwi 1 Padang adalah salah satu sekolah di kota Padang yang sudah memiliki jaringan Internet (wifi), akan tetapi jaringan wifi tersebut belum bisa dijangkau dari ruangan kelas, sehingga pihak sekolah memperbolehkan peserta didik membawa gadget atau smartphone ke dalam area sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hubungan IoT terhadap minat belajar biologi peserta didik kelas XI di SMA Pertiwi 1 Padang. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif korelasi dengan pendekatan kuantitatif yang telah dilakukan pada bulan Januari - November 2023 di Departemen Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Padang dan SMA Pertiwi 1 Padang. Sampel berjumlah 100 orang peserta didik yang berada pada empat kelas. Teknik pengambilan sampel adalah total sampling dimana semua anggota populasi untuk dijadikan sampel. Instrumen penelitian menggunakan angket hubungan Internet of Things terhadap minat belajar biologi peserta didik. Analisis data yang digunakan yaitu uji korelasi Pearson Product Moment dan uji t setelah diketahui data berdistribusi normal. Hasil uji korelasi menunjukkan hubungan yang positif dan signifikan dengan nilai r = 0,7562 (korelasi kuat) dan nilai t hitung (11,441) > t tabel (1,984). Hasil ini menunjukkan bahwa hipotesis diterima. Oleh karena itu, terdapat hubungan yang positif signifikan antara IoT dan minat belajar biologi peserta didik kelas XI di SMA Pertiwi 1 Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYogica, RelsasUNSPECIFIED
CorrectorFadilah, MuhyiatulUNSPECIFIED
CorrectorFajrina, SuciUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 22 May 2024 02:38
Last Modified: 22 May 2024 02:38
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52149

Actions (login required)

View Item View Item