Mengurangi Perilaku Negatif Anak Opposisitional Defiant Disorder (ODD) dengan Pemberian Teknik Reinforcement di SLB N 1 Ampek Angkek.

Belia, Yodinasya Trixie (2024) Mengurangi Perilaku Negatif Anak Opposisitional Defiant Disorder (ODD) dengan Pemberian Teknik Reinforcement di SLB N 1 Ampek Angkek. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
B1_2_YODINASYA_TRIXIE_BELIA_20003152_809_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan permasalahan yang ditemukan di SLB N 1 Ampek Angkek. Hasil permasalahan yang ditemukan adalah adanya seorang anak yang teridentifikasi oppositional defiant disorder (ODD) yang memiliki perilaku negatif yaitu memukul teman. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui apakah perilaku memukul teman pada anak oppositional defiant disorder (ODD) dapat berkurang dengan pemberian teknik reinforcement. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan Single Subject Research (SSR). Desain yang digunakan adalah A1-B-A2. Data yang diperoleh dianalisis melalui statistik deskriptif dan ditampilkan dalam bentuk tabel dan grafik polygon. Komponen-komponen yang dianalisis meliputi analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan adanya penurunan frekuensi perilaku negatif khususnya perilaku memukul teman pada subjek. Berdasarkan data yang diperoleh, perilaku memukul teman pada anak oppositional defiant disorder (ODD) dapat berkurang dengan pemberian teknik reinforcement. serta didukung tingkat overlap yang rendah. Pada hasil analisis antar kondisi baseline-I dengan intervensi presentase overlap sebesar 30 % dan menurun pada analisis antar kondisi intervensi dengan baseline-II yaitu 0%. Secara keseluruhan perilaku memukul teman pada anak oppositional defiant disorder (ODD) di SLB N 1 Ampek Angkek dapat berkurang dengan pemberian teknik reinforcement.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorTaufan, JohandriUNSPECIFIED
CorrectorEfrina, ElsaUNSPECIFIED
CorrectorBudi, Ns. SetiaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: TEKNIK REINFORCEMENT, PERILAKU NEGATIF, ANAK OPPOSITIONAL DEFIANT
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 22 May 2024 02:37
Last Modified: 22 May 2024 02:37
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52148

Actions (login required)

View Item View Item