Pengembangan E-Book Berbantuan Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker Pro pada Pembelajaran IPAS di Kelas IV Sekolah Dasar.

Usri, Wenni Rahmadani (2024) Pengembangan E-Book Berbantuan Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker Pro pada Pembelajaran IPAS di Kelas IV Sekolah Dasar. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
B1_6_WENNI_RAHMADANI_USRI_19129078_1124_2024.pdf

Download (16MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh penggunaan bahan ajar yang kurang bervariasi yang menyebabkan kurangnya ketertarikan peserta didik dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, diperlukan inovasi baru pengembangan bahan ajar yang sesuai dengan kebutuhan pembelajaran saat ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan bahan ajar berupa E-Book berbantuan aplikasi Kvisoft Flipbook Maker Propada pembelajaran IPAS di kelas IV sekolah dasar yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE yang terdiri dari lima langkah yaitu: analysis, design, development, implementation, dan evaluation.E-Book yang dirancang dan di validasi oleh validator menggunakan lembar validasi berupa angket. Validasi produk terdiri dari validasi dari ahli materi, ahli media, dan ahli bahasa. Untuk praktikalitas produk dilakukan dengan pengisian angket respon guru dan angket respon peserta didik. Pada efektivitas dilakukan dengan memberikan soal evaluasi dalam bentuk preetest dan posttest kepada peserta didik. Subjek uji coba produk di SDN 09 2 X 11 Enam Lingkung dan subjek penelitian di SDN 01 2 X 11 Enam Lingkung. Hasil penelitian menunjukkan: (1) E-Book Berbantuan Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker Pro pada pembelajaran IPAS di kelas IV sekolah dasar dinyatakan sangat valid dengan perolehan tingkat kevalidan 96% dari aspek materi, 96% dari aspek media, dan 94% dari aspek bahasa; (2) Hasil praktikalitas E-Book di sekolah uji coba memperoleh 94% untuk respon guru dan 93,21% untuk respon peserta didik dengan kategori sangat praktis. Hasil praktikalitas di sekolah penelitian memperoleh 96% untuk respon guru dan 96,08% untuk respon peserta didik dengan kategori sangat praktis. (3) E-book dinyatakan efektif setelah dilakukan uji efektivitas dilihat dari nilai N-Gain yaitu 0,72 dengan kategori tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFitria, YantiUNSPECIFIED
CorrectorEliyasni, RifdaUNSPECIFIED
CorrectorMansurdin, MansurdinUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: E-BOOK, PEMBELAJARAN, APLIKASI KVISOFT
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
T Technology > TI Technology Information, Computer
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 22 May 2024 02:33
Last Modified: 22 May 2024 02:33
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52139

Actions (login required)

View Item View Item