Pengaruh Penggunaan Flipbook Berbasis Pendekatan Contextual Teaching and Learning terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik Kelas VIII UPTD SMP Negeri 1 Kec. Guguak

Asra, Aqilul (2024) Pengaruh Penggunaan Flipbook Berbasis Pendekatan Contextual Teaching and Learning terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik Kelas VIII UPTD SMP Negeri 1 Kec. Guguak. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_AQILUL_ASRA_20029047_2039_2024.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Kemampuan penalaran harus dikembangkan pada diri seorang peserta didik, karena tanpa penalaran maka matematika hanya akan menjadi materi yang mengikuti serangkaian prosedur dan meniru contoh-contoh tanpa mengetahui maknanya. Tujuan dari penelitian adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis apakah kemampuan penalaran matematis peserta didik yang belajar dengan menggunakan flipbook berbasis CTL lebih baik daripada peserta didik yang belajar dengan menggunakan bahan ajar konvensional di kelas VIII UPTD SMP Negeri 1 Kec. Guguak tahun ajaran 2023/2024. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian quasy experiment dengan rancangan nonequivalent posttest-only control group design. Populasi pada penelitian adalah peserta didik kelas VIII UPTD SMP Negeri 1 Kec. Guguak tahun ajaran 2023/2024 dengan kelas VIII-8 dan VIII-2 sebagai sampel. Kedua kelas diberikan perlakuan berbeda, kelas eksperimen belajar menggunakan flipbook berbasis pendekatan CTL sedangkan kelas kontrol belajar menggunakan bahan ajar konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah tes kemampuan penalaran matematis. Pengujian hipotesis penelitian ini menggunakan uji Mann-Whitney. Berdasarkan analisis data dan uji hipotesis dapat disimpulkan bahwa kemampuan penalaran matematis peserta didik yang belajar dengan menggunakan flipbook berbasis pendekatan Contextual Teaching and Learning lebih baik daripada peserta didik yang menggunakan bahan ajar konvensional di kelas VIII UPTD SMP Negeri 1 Kec. Guguak tahun ajaran 2023/2024.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSuherman, SuhermanUNSPECIFIED
CorrectorYarman, YarmanUNSPECIFIED
CorrectorAl Aziz, SaddamUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 21 May 2024 02:50
Last Modified: 21 May 2024 02:50
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52103

Actions (login required)

View Item View Item