Pengaruh Media Video Desain Busana Menggunakan Ibis Paint X Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Dasar-Dasar Busana Kelas X Busana SMK Negeri 2 Bukittinggi

Abidah, Zhafira Suci (2024) Pengaruh Media Video Desain Busana Menggunakan Ibis Paint X Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Dasar-Dasar Busana Kelas X Busana SMK Negeri 2 Bukittinggi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_ZHAFIRA_SUCI_ABIDAH_19075231_935_2024.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pada mata pelajaran Dasar-Dasar Busana siswa masih banyak mengalami kesulitan dalam membuat desain busana, sehingga lebih dari 50 % nilai siswa belum tuntas atau tidak mencapai KKM. Hal ini perlu adanya perbaikan dan perubahan pada media pembelajaran yang dilakukan oleh guru yang menggunakan metode konvensional. Media video diasumsikan dapat mengatasi kesulitan belajar siswa dalam pembuatan desain busana secara digital. Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mendeskripsikan hasil belajar siswa pada elemen menggambar mode dengan aplikasi Ibis Paint X pada mata pelajaran Dasar-Dasar Busana Kelas X Busana SMK Negeri 2 Bukittinggi. 2) Mendeskripsikan pengaruh penggunaan media video pembuatan desain busana terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Dasar-Dasar Busana Kelas X Busana SMK Negeri 2 Bukittinggi. Jenis penelitian kuantitatif dengan bentuk Quasi Eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah Pretest-Posttest Control Group Design yang menggunakan kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Subjek dalam penelitian adalah seluruh siswa Kelas X Busana SMK Negeri 2 Bukittinggi Tahun Ajaran 2023/2024 yang berjumlah 72 orang. Berdasarkan hasil penelitian 1) Hasil belajar pembuatan desain busana sudah di atas KKM, dengan persentase nilai pada kelas kontrol sebesar 80,7, sedangkan pada kelas eksperimen sebesar 85,7. 2) Perbedaan hasil belajar didapatkan dari hasil analisis data yang menunjukkan bahwa nilai t hitung 3,302 > t tabel 1,994 atau sig.(2-tailed) 0,002 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa H 0 ditolak dan H 1 diterima yang artinya ada perbedaan hasil belajar siswa menggunakan media video dan metode konvensional. Hal ini dapat dimaknai bahwa penggunaan media video pada pembuatan desain busana menggunakan aplikasi Ibis Paint X sangat berpengaruh dan efektif digunakan daripada metode konvensional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNelmira, WeniUNSPECIFIED
CorrectorYuliarma, YuliarmaUNSPECIFIED
CorrectorSuci, Puji HujriaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 21 May 2024 02:24
Last Modified: 21 May 2024 02:24
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52098

Actions (login required)

View Item View Item