Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Articulate Storyline 3 pada Materi Penyajian Data di Kels V Sekolah Dasar

Yunita, Yola (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Articulate Storyline 3 pada Materi Penyajian Data di Kels V Sekolah Dasar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_06_YOLA_YUNITA_19129304_1022.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh penggunaan media pembelajaran konvensional yang hanya terfokus pada penggunaan buku paket dam media pembelajaran yang di dalam kelas saja. Penggunaan atau pemanfaatan teknologi sebagai media pembelajaran dalam proses pembelajaran masih jarang dilakukan oleh guru yang mengakibatkan kurangnya motivasi dan perhatian peserta didik terhadap pembelajaran yang dilaksanakan sehingga peserta didik bosan dan tidak terlibat secara aktif selama proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan media pembelajaran Articulate Storyline 3. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini ialah penelitian pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Model pengembangan ADDIE terdiri atas lima tahap yakni analysis (analisis), design (rancangan), development (pengembangan), implementation (penerapan), dan evaluation (evaluasi). Data dari penelitian ini dikumpulkan dengan menggunkan lembar validasi, angket respon. Lembar validasi terdiri dari lembar validasi materi, validasi bahasa, dan validasi media. Angket respon terdiri atas angket respon guru dan angket respon peserta didik. Subjek uji coba media pembelajaran dilaksanakan di kelas V SDN 02 Lubuk Alung dan penyebaran media pembelajaran dilakukan di kelas V SDN 11 Batang Anai Hasil penelitian pemgembangan media pembelajaran menggunakan Articulate Storyline 3 yang dikembangkan memperoleh hasil validasi dari tiga validator yaitu aspek materi dengan presentase 78,23%, aspek bahasa dengan presentase 92,25%, dan aspek media dengan presentase 88,57 sehingga memperoleh nilai rata-rata 86,35 dengan kategori valid. Hasil angket respon di sekolah menunjukan bahwa media pembelajaran sudah sangat praktis dengan hasil angket respon guru dengan presentase 94,28% dan angket angket respon siswa dengan presentase 95,17%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran menggunakan articulate storyline 3 pada materi penyajian data kelas V Sekoah Dasar telah dinyatakan valid dan sangat praktis untuk digunakan dalam pembelajaran

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAhmad, SyafriUNSPECIFIED
CorrectorMasniladevi, MasniladeviUNSPECIFIED
CorrectorAmini, RisdaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Articulate Storyline Metode Pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs. Melinda Febrianti, S.IP
Date Deposited: 21 May 2024 01:53
Last Modified: 21 May 2024 01:54
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52093

Actions (login required)

View Item View Item