Efektivitas Aplikasi Scratch untuk Mengembangkan Keterampilan Menggambar Di Taman Kanak-kanak Islam Masjid Raya Jihad Padang Panjang

Adimy, Zakiyyah Ziqra (2024) Efektivitas Aplikasi Scratch untuk Mengembangkan Keterampilan Menggambar Di Taman Kanak-kanak Islam Masjid Raya Jihad Padang Panjang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_05_ZAKIYYAH_ZIQRA_ADIMY_19022142_333.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan latar belakang penelitian yang dilakukan di Taman Kanak-kanak Islam Masjid Raya Jihad Padang Panjang terdapat masalah terhadap keterampilan menggambar beberapa anak yang masih kurang efektif keterampilan menggambarnya, selain itu anak belum bisa mengungkapkan gagasannya, dan media yang digunakan guru sebelumnya menggunakan media kertas agar pembelajaran anak menarik diperlukan media baru dengan menggunakan aplikasi yang berbasis teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan media aplikasi scratch untuk mengembangkan keterampilan menggambar anak usia dini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang berbentuk Quasi Eksperimen. Populasi penelitian seluruh murid Taman Kanak-kanak Islam Masjid Raya Jihad Padang-Panjang, dan Teknik pengambilan sampelnya Cluster Sampling yaitu pemilihan atau pengambilan sampel berdasarkan karakteristik tertentu yang diperlukan dalam penelitian, yaitu kelas B1 dan B6 masing-masing berjumlah 15 anak. Teknik Pengumpulan data menggunakan menggunakan tes dan dokumentasi beruapa pertanyaan sebanyak 7 butir dan teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis, uji effect size, alat pengumpul data digunakan lembar pernyataan. Kemudian data diolah menggunakan aplikasi SPSS 20.0 Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa mengembangkan keterampilan menggambar dikelas eksperimen terlihat bahwa varians data N-gain untuk kelas eksperimen dalam penggunaan aplikasi Scratch dan kelas kontrol menggunakan krayon adalah homgeny. Hasil uji di atas menunjukkan bahwa nilai sig. (2 tailed) < 0,05 dan dapat disimpulkan tidak signifikan. Dengan demikian dapat disimpulkan tidak berpengaruh antara penggunaan media aplikasi scratch dengan perlakuan yang diberikan oleh peneliti dalam mengembangkan keterampilan menggambar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAnggraini, ViviUNSPECIFIED
CorrectorMayar, FaridaUNSPECIFIED
CorrectorPransiska, RismareniUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Aplikasi Scratch Keterampilan Menggambar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini - S1
Depositing User: Mrs. Melinda Febrianti, S.IP
Date Deposited: 20 May 2024 04:23
Last Modified: 20 May 2024 04:23
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52056

Actions (login required)

View Item View Item