Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Seni Rupa Siswa Kelas IX-8 MTsN 3 Padang

Rahmadani, Sherina Pasma (2023) Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Seni Rupa Siswa Kelas IX-8 MTsN 3 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_5_SHERINA_PASMA_RAHMADANI_19020018_5119_2023.pdf

Download (873kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar seni rupa siswa kelas IX-8 MTsN 3 Padang melalui penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX-8 MTsN 3 Padang yang berjumlah 27 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Metode dan alat pengumpulan data berupa observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data di uji dengan menggunakan program SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan yang signifikan dari penerapan model pembelajaran Project Based Learning terhadap hasil belajar seni rupa siswa kelas IX-8 MTsN 3 Padang. Hal ini bisa dilihat dari tingkat ketuntasan hasil belajar siswa. Pada tahapan pra siklus ketuntasan sebanyak 10 siswa (37,03%), pada saat dilakukannya tahap siklus I mengalami peningkatan ketuntasan sebanyak 17 siswa (63%). Pada tahapan siklus II tingkat ketuntasan siswa meningkat secara signifikan sebanyak 25 siswa (92,59%). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Project Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar seni rupa siswa kelas IX-8 MTsN 3 Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorWikarya, YusronUNSPECIFIED
CorrectorYahya, YahyaUNSPECIFIED
CorrectorZubaidah, ZubaidahUNSPECIFIED
Subjects: N Fine Arts > ND Painting
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 17 May 2024 09:38
Last Modified: 17 May 2024 09:38
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52037

Actions (login required)

View Item View Item