Reza, Reza
(2024)
Pengaruh Tingkat Pendidikan dan Pemahaman Agama
Orang Tua terhadap Hasil belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas VIII
di SMPN 12 Padang.
Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Sosial.
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa dalam
pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan munculnya perilaku kurang baik dalam
interaksi siswa di SMPN 12 Padang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
tingkat pendidikan, pemahaman agama orang tua siswa dan hasil belajar PAI siswa,
serta mengetahui pengaruh tingkat pendidikan dan pemahaman agama orang tua
terhadap hasil belajar PAI siswa kelas VIII di SMPN 12 Padang. Populasi dalam
penelitian ini yaitu siswa kelas VIII yang tingkat pendidikan terakhir orang tuanya
(lulusan SD, SMP, SMA), sampel dalam penelitian ini siswa kelas VIII.4, VIII.5,
VIII.6 dan VIII.7 jika digabungkan berjumlah 61 siswa yang diambil dari teknik
Purposive Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan angket (kuesioner) dan
dokumentasi. Analisis data menggunakan (Uji F), dengan tingkat pendidikan (X1)
pemahaman agama orang tua (X2), dan hasil belajar PAI (Y) siswa sebagai variabel
terikat menggunakan bantuan program SPSS versi 25.
Hasil pengujian hipotesis menunjukkan: (1) Hasil pengujian tingkat
pendidikan (X1) uji T sebesar 3.990 > 1.671 atau signifikasi t lebih besar dari 0.05
(0.00 < 0.05), dan koefisien determinasi (R2
) sebesar 0.493. (2) Hasil pengujian
pemahaman agama orang tua (X2) uji T sebesar 3.560 > 1.671 atau signifikasi t
lebih besar dari 0.05 (0.01 < 0.05), dan koefisien determinasi (R2
) sebesar 0.104.
(3) Hasil pengujian tingkat pendidikan (X1) dan pemahaman agama orang tua (X2)
terhadap hasil belajar PAI siswa (Y) uji F sebesar 34.375 > 4.00 atau signifikasi
sebesar 0.00 < 0.05, dan koefisien determinasi (R2
) sebesar 0.527. Maka dapat
disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif antara tingkat pendidikan (X1) dan
pemahaman agama orang tua (X2) terhadap hasil belajar PAI (Y) siswa kelas VIII
di SMPN 12 Padang.
Actions (login required)
|
View Item |