Pengaruh Tingkat Pendidikan dan Pemahaman Agama Orang Tua terhadap Hasil belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas VIII di SMPN 12 Padang

Reza, Reza (2024) Pengaruh Tingkat Pendidikan dan Pemahaman Agama Orang Tua terhadap Hasil belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas VIII di SMPN 12 Padang. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
B.1_07_REZA_18329026_523_2024.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan munculnya perilaku kurang baik dalam interaksi siswa di SMPN 12 Padang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pendidikan, pemahaman agama orang tua siswa dan hasil belajar PAI siswa, serta mengetahui pengaruh tingkat pendidikan dan pemahaman agama orang tua terhadap hasil belajar PAI siswa kelas VIII di SMPN 12 Padang. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII yang tingkat pendidikan terakhir orang tuanya (lulusan SD, SMP, SMA), sampel dalam penelitian ini siswa kelas VIII.4, VIII.5, VIII.6 dan VIII.7 jika digabungkan berjumlah 61 siswa yang diambil dari teknik Purposive Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan angket (kuesioner) dan dokumentasi. Analisis data menggunakan (Uji F), dengan tingkat pendidikan (X1) pemahaman agama orang tua (X2), dan hasil belajar PAI (Y) siswa sebagai variabel terikat menggunakan bantuan program SPSS versi 25. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan: (1) Hasil pengujian tingkat pendidikan (X1) uji T sebesar 3.990 > 1.671 atau signifikasi t lebih besar dari 0.05 (0.00 < 0.05), dan koefisien determinasi (R2 ) sebesar 0.493. (2) Hasil pengujian pemahaman agama orang tua (X2) uji T sebesar 3.560 > 1.671 atau signifikasi t lebih besar dari 0.05 (0.01 < 0.05), dan koefisien determinasi (R2 ) sebesar 0.104. (3) Hasil pengujian tingkat pendidikan (X1) dan pemahaman agama orang tua (X2) terhadap hasil belajar PAI siswa (Y) uji F sebesar 34.375 > 4.00 atau signifikasi sebesar 0.00 < 0.05, dan koefisien determinasi (R2 ) sebesar 0.527. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif antara tingkat pendidikan (X1) dan pemahaman agama orang tua (X2) terhadap hasil belajar PAI (Y) siswa kelas VIII di SMPN 12 Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSulaiman, SulaimanUNSPECIFIED
CorrectorRahman, RiniUNSPECIFIED
CorrectorWiza, RahmiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Tingkat Pendidikan, Pemahaman Agama Orang Tua. Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Agama Islam-S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 17 May 2024 03:15
Last Modified: 17 May 2024 03:15
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52011

Actions (login required)

View Item View Item