Marsita, Wella (2024) Pengembangan Media Video Pembelajaran Berbasis ARCS Motivational Pada Mata Pelajaran Informatika Kelas VII SMP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
|
Text
B1_03_WELLA_MARSITA_19004032_2821.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
Penelitian pengembangan ini dilatarbelakangi oleh permasalahan siswa kurang memahami materi pembelajaran informatika dan kurangnya perhatian siswa selama proses pembelajaran informatika. Hal tersebut dikarenakan materi informatika menggunakan istilah-istilah asing dalam bahasa komputer sulit dimengerti oleh siswa karena tidak relevan dengan kehidupan mereka sehari-hari, serta Siswa kurang dilibatkan dalam menemukan sendiri konsep materi yang mereka pelajari maupun diberikan kesempatan untuk menghubungkan materi yang dipelajarinya dengan kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan Video Pembelajaran Informatika Berbasis ARCS Motivational untuk Siswa Kelas VII SMP yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan ASSURE terdiri dari 6 tahapan : 1. Analyze learner characteristic (menganalisis karateristik siswa); 2. State performance objectives (menetapkan tujuan pembelajaran). 3.Select methods, media and materials (memilih metode, media, dan bahan pelajaran); pada tahap ini membuat produk video pembelajaran yang divalidasi oleh satu orang validator materi dan dua orang validator media. Setelah media dinyatakan valid (layak) barulah diujicobakan kepada siswa. 4.Utilize, technology, media, and materials (penggunaan teknologi, media, dan bahan). 5.Requirez learner participation (meminta partisipasi siswa) dengan mengisi angket praktikalitas. 6.Evaluation and revision (evaluasi dan revisi) mengolah data praktikalitas media. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan uji validitas Video Pembelajaran dinyatakan “sangat valid” dengan rata-rata persentase tingkat kevalidan oleh ahli materi sebesar 98,33%, kevalidan oleh ahli media 1 sebesar 80,00% dan kevalidan oleh ahli media 2 sebesar 97,87%. Hasil uji praktikalitas dengan jumlah responden 18 orang siswa diperoleh rata-rata persentase 87,31% dengan kategori “sangat praktis”. Hal tersebut menunjukkan bahwa Video Pembelajaran Berbasis ARCS Motivational yang dikembangkan telah valid dan praktis serta layak digunakan dalam proses pembelajaran informatika
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Video Pembelajaran ARCS Motivational | ||||||||||||
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1 | ||||||||||||
Depositing User: | Mrs. Melinda Febrianti, S.IP | ||||||||||||
Date Deposited: | 17 May 2024 02:58 | ||||||||||||
Last Modified: | 17 May 2024 02:58 | ||||||||||||
URI: | http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52002 |
Actions (login required)
View Item |