Persepsi Masyarakat Terhadap Keberadaan Usaha Peternakan Ayam Ras Petelur di Lingkungan Permukiman di Nagari Mungka Kecamatan Mungka Kabupaten Lima Puluh Kota

Oktavia, Mutiara (2024) Persepsi Masyarakat Terhadap Keberadaan Usaha Peternakan Ayam Ras Petelur di Lingkungan Permukiman di Nagari Mungka Kecamatan Mungka Kabupaten Lima Puluh Kota. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
B.1_06_MUTIARA_OKTAVIA_19136031_945_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Peternakan ayam ras petelur yang di Nagari Mungka Kecamatan Mungka berdekatan dengan pemukiman masyarakat, yang menimbulkan bau yang tidak sedap yang menyebabkan persepsi dari masyarakat terkait keberadaan peternakan. Penelitian ini bertujuan Mengetahui persepsi masyarakat terhadap usaha peternakan ayam ras petelur di lingkungan pemukiman di Nagari Mungka Kecamatan Mungka, dan mengetahui upaya penanggulangan dampak negatif yang di timbulkan peternakan ayam ras petelur di lingkungan pemukiman di Nagari Mungka Kecamatan Mungka. Penelitian ini menggunakan pendekatan mix methods yang merupakan gabungan dari metode kualitatif dan metode kuantitatif. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis statistik menggunakan skoring dengan Skala Likers sebagai skala pengukuran sangat terganggu, mengganggu, cukup terganggu, tidak terganggu, dan sangat tidak terganggu untuk mengukur sub variabel bau, dan kebersihan Peternakan. Hasil penelitian menunjukkan persepsi masyarakat terhadap keberadaan usaha peternakan ayam ras petelur di lingkungan pemukiman di Nagari Mungka, Kecamatan Mungka dengan menghitung jumlah bobot dari setiap variabel menggunakan skala interval berada pada kategori terganggu. Upaya penanggulangan dampak negatif yang di timbulkan peternakan ayam ras petelur oleh sebagian kecil masyarakat sekitar adalah menutup pintu dan jendela saat angin datang sebanyak 6 responden atau 6,45%, memakai pengharum ruangan sebanyak 7 responden atau 7,53%, memakai perekat lalat sebanyak 7 responden atau 7.53% dan sebanyak 2 atau 2,15% responden memakai kipas angin untuk menghalau bau yang datang disaat ada angin. Selebihnya sebanyak 71 responden atau 76,34% tidak ada melakukan upaya penanggulangan dampak peternakan ayam ras petelur karena pemahaman masyarakat terhadap dampak negatif peternakan masih kurang dan mengabaikannya begitu saja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorPrarikeslan, WidyaUNSPECIFIED
CorrectorPurwaningsih, EndahUNSPECIFIED
CorrectorSyahar, FitrianaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Community Perception, Livestock, Residential Environment.
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Geografi - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 17 May 2024 02:37
Last Modified: 17 May 2024 02:37
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51997

Actions (login required)

View Item View Item