Kajian jawaban soal analisis pada pembelajaran geografi kelas XI materi posisi strategis indonesia sebagai poros maritim dunia dan potensi sumber daya alam pada kurikulum merdekan di SMAN 1 Lintau Buo

Pratama, Cindia (2024) Kajian jawaban soal analisis pada pembelajaran geografi kelas XI materi posisi strategis indonesia sebagai poros maritim dunia dan potensi sumber daya alam pada kurikulum merdekan di SMAN 1 Lintau Buo. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
B.1_06_CINDIA_PRATAMA_20045008_749_2024.pdf

Download (859kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan 1)Untuk mengetahui apa saja yang menjadi pertimbangan guru dalam membuat soal dan menganalisis bagaimana tolok ukur guru dalam menilai jawaban siswa pada soal yang mengandung analisis.2)Untuk mengetahui bagaimana jawaban siswa terhadap soal ulangan harian yang mengandung analisis.3) Untuk menganalisis tingkat pemahaman siswa serta mengidentifikasi kendala yang dihadapi dalam menjawab soal-soal yang berkaitan dengan analisis. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan mixed method dengan teknik purposive sampling pada 90 siswa dari populasi 143 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertimbangan guru dalam membuat soal analisis sesuai dengan kriteria, mencakup aspek-aspek kritis dengan menerapkan konsep-konsep geografi. Namun, kriteria penilaian guru kurang spesifik dalam menekankan konsep geografi pada jawaban siswa. Siswa mengalami kesulitan dalam menjawab dan menganalisis konsep-konsep geografi dalam soal, terutama terkait posisi strategis Indonesia sebagai poros maritim dunia dan potensi sumber daya alam, hal ini tercermin dari distribusi persentase kategori tingkat pemahaman siswa, dimana Mayoritas siswa berada dalam Kemampuan berpikir analisis peserta didik tergolong kategori rendah dengan nilai kategori persentase rata-rata peserta didik di semua kelas Geografi dengan kategori Tidak paham 20 %, kategori Kurang paham 78 % , kategori Cukup paham 2 % , kategori paham 0 %, dan kategori sangat paham 0 %. Hal ini didasari dengan adanya tingkat pemahaman yang rendah terhadap materi sehingga siswa kesulitan dalam menjawab soal analisis tingkat C4, yang melibatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi. Oleh karena itu, perlu perhatian lebih terhadap pemahaman siswa dalam menghadapi soal analisis tingkat C4, yang melibatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAhyuni, AhyuniUNSPECIFIED
CorrectorFebriandi, FebriandiUNSPECIFIED
CorrectorHermon, DediUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: analisis, Konsep geografi,maritim, kurikulum merdeka
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Geografi - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 17 May 2024 01:56
Last Modified: 17 May 2024 01:56
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51986

Actions (login required)

View Item View Item