Pembuatan E-LKPD Interaktif Liveworksheet Berbasis CTL sebagai Media Pembelajaran Keterampilan Membaca Teks Iklan, Slogan, dan Poster Siswa Kelas VIII SMP

Nurrahmah, Faiza (2024) Pembuatan E-LKPD Interaktif Liveworksheet Berbasis CTL sebagai Media Pembelajaran Keterampilan Membaca Teks Iklan, Slogan, dan Poster Siswa Kelas VIII SMP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_FAIZA_NURRAHMAH_20016013_1815_2024.pdf

Download (626kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang proses pembuatan e-LKPD interaktif Liveworksheet berbasis CTL sebagai media pembelajaran keterampilan membaca teks iklan, slogan, dan poster untuk siswa kelas VIII SMP. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana perancangan dan pembuatan e-LKPD interaktif yang valid dilihat dari segi isi, kebahasaan, penyajian, kegrafikaan, dan kebergunaan. Jenis penelitian ini adalah mixed methods atau penelitian campuran. Model yang digunakan adalah model 4-D yang terdiri dari define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Padang. Data yang dikumpulkan terdiri dari data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari hasil angket validasi oleh pakar, sedangkan data kualitatif diperoleh dari masukan dan saran validator. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa e-LKPD interaktif Liveworksheet berbasis CTL untuk pembelajaran keterampilan membaca teks iklan slogan, dan poster berkategori sangat valid dengan nilai 95,75%. Hal ini dilihat berdasarkan nilai validasi aspek kelayakkan isi, kebahasaan, penyajian, kegrafikaan, dan kebergunaan masing-masing sebesar 100%, 95,83%, 97,91%., 90%, dan 95%. Berdasarkan hasil validitas, dapat disimpulkan bahwa e-LKPD interaktif Liveworksheet berbasis CTL untuk pembelajaran keterampilan membaca teks iklan, slogan, dan poster siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Padang dikatakan sudah valid dan dapat dilanjutkan ke tahap selanjutnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAfnita, AfnitaUNSPECIFIED
CorrectorAmir, AmrilUNSPECIFIED
CorrectorTressyalina, TressyalinaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 17 May 2024 01:23
Last Modified: 17 May 2024 01:23
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51977

Actions (login required)

View Item View Item