Efektivitas Media Huruf Magnetik Bergambar dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan (Pre-Eksperimental Anak Disabilitas Rungu Kelas V di SLB Al-Hidayah Padang).

Ramadani, Refni (2024) Efektivitas Media Huruf Magnetik Bergambar dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan (Pre-Eksperimental Anak Disabilitas Rungu Kelas V di SLB Al-Hidayah Padang). Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
B1_2_REFNI_RAMADANI_19003028_765_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi oleh permasalahan anak disabilitas rungu di kelas V yang belum dapat membaca kata pola KVKV sehingga tidak tercapainya tujuan pembelajaran ilmu pengetahuan alam tentang kata benda padat yang ada di dalam kelas. Berdasarkan dari permasalahan tersebut, peneliti mencoba mengajarkan anak membaca permulaan dengan menggunakan media huruf magnetik bergambar yaitu dengan menyusun huruf menjadi kata, membaca kata, dan menyesuaikan kata dengan gambar benda padat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuktikan efektivitas media huruf magnetik bergambar dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan bagi anak disabilitas rungu kelas V di SLB Al-Hidayah Padang. Penelitian ini memakai metode penelitian eksperimen dalam bentuk Pre- eksperiment design dengan jenis one group pretest-postest. Dan data yang diperolehdiolahdandibandingkandenganmenggunakanujiWilcoxonRankTest. Hasil perhitungan Uji Wilcoxon Sing Rank Test yaitu antara nilai pretest dan posttest dapat diketahui Zhitung = -2.023 dengan probabilitas atau Asymp Sig(2- tailed) = 0.043. Pada tabel uji wilcoxon, maka didapatkan bahwa probabilitas Z hitung kurang dari probabilitas yang ditetapkan (0,043 < 0, 05). Oleh karena ituHa diterima dan H0 ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media huruf magnetik bergambar efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan bagi anak disabilitas rungu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorIrdamurni, IrdamurniUNSPECIFIED
CorrectorMarlina, MarlinaUNSPECIFIED
CorrectorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: MEDIA HURUF MAGNETIK, MEMBACA PERMULAAN, DISABILITASRUNGU
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 21 May 2024 03:22
Last Modified: 21 May 2024 03:22
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51973

Actions (login required)

View Item View Item