Pengembangan E-LKPD Tematik Terpadu Menggunakan Nearpod Berbasis RADEC Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Putri, Vianes Muliza (2023) Pengembangan E-LKPD Tematik Terpadu Menggunakan Nearpod Berbasis RADEC Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_VIANES_MULIZA_PUTRI_21124025_6650_2023.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin pesat mengarahkan dunia pendidikan untuk menerapkan teknologi dalam melaksanakan pembelajaran di sekolah. Salah satunya mengembangkan E-LKPD menggunakan aplikasi Nearpod berbasis RADEC. Hal ini sesuai dengan hasil observasi yang menunjukkan bahwa LKPD yang digunakan di sekolah masih berupa handout yang dicetak oleh guru dan dibagikan pada siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan E-LKPD menggunakan aplikasi Nearpod berbasis RADEC pada pembelajaran tematik terpadu sekolah dasar yang valid, praktis dan efektif Jenis penelitian ini adalah R&D dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu analyze, design, development, implementation dan evaluation. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 03 Pakan Labuah , SDN 07 Belakang Balok dan SDN 04 Birugo Kota Bukittinggi. Instrumen penelitian berupa angket, tes dan lembar pengamatan. Hasil yang diperoleh dari pengembangan ELKPD menggunakan aplikasi nearpod berbasis RADEC yaitu untuk validitas materi memperoleh nilai 91 % validitas media memperoleh nilai 92% dan validitas bahasa memperoleh nilai 93%. Pada angket praktikalitas respon guru memperoleh nilai 91 % dan angket praktikalitas respon peserta didik memperoleh nilai 90%. Selanjutnya uji efektivitas E- LKPD yang berdasarkan tingkat keaktifan siswa yang berada pada angka 87,33%, hasil belajar siswa diperoleh rata -rata 85. Setelah itu, uji N-Gain score persen dengan perolehan nilai yaitu 76,03 dengan kategori efektif dan rata- rata yang diperoleh pre-test yaitu 56,53 naik menjadi 89 saat post-test. Maka, dapat disimpulkan bahwa E-LKPD yang dikembangkan sudah memenuhi kategori valid, praktis, dan efektif sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAmini, RisdaUNSPECIFIED
CorrectorSukma, ElfiaUNSPECIFIED
CorrectorRifma, RifmaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 16 May 2024 08:49
Last Modified: 16 May 2024 08:49
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51959

Actions (login required)

View Item View Item