Angel, Novia
(2024)
Pelaksanaan Kurikulum Merdeka di SLB Negeri 2 Kota Padang
(Studi Deskriptif Kualitatif).
Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.
Abstract
Penelitian ini membahas tentang Pelaksanaan Kurikulum Merdeka di Sekolah Luar Biasa Negeri 2 Kota Padang. Tujuan Penelitian ini yaitu untuk untuk mengetahui pendapat terhadap Kurikulum Merdeka, untuk mengetahui persiapan dalam pelaksanaan Kurikulum Merdeka, untuk mengetahui kendala dalam pelaksanaan Kurikulum Merdeka dan untuk mengetahui cara dalam mengatasi kendala dalam pelaksanaan Kurikulum Merdeka.
Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian dengan metode deskriptif kualitatif. Dengan melaksanakan observasi, dokumentasi, dan wawancara untuk menggali informasi mengenai pelaksanaan Kurikulum Merdeka. Data yang diperoleh tidak dituangkan dalam bentuk bilangan atau statistic melainkan dalam bentuk uraian naratif.
Hasil dari penelitian ini adalah Kurikulum Merdeka ini hampir sama dangan Kurikulum13. Pada Kurikulum Merdeka penilaian dilakukan banyak secara individu, pembelajaran individu, untuk SLB memang begitu cara pengajarannya memang sudah seperti itu. Cara mengajar Kurikulum13 juga hampir sama dengan cara mengajar Kurikulum Merdeka, seperti halnya projek siswa untuk projek ini sekolah telah sering diterapkan kepada anak sebelum adanya Kurikulum Merdeka. Dari wawancara yang sudah penulis lakukan, kendala guru dalam menerapkan Kurikulum Merdeka karena Kurikulum Merdeka baru dilaksanakan oleh sekolah sehingga guru masih dalam proses pembelajaran baik itu dalam penyusunan modul maupun menyusun projek untuk anak. Dengan berjalannya waktu guru berharap dapat lebih mengerti lagi Kurikulum Merdeka ini.
Actions (login required)
|
View Item |