Nurfikri, Muhammad Furqon
(2024)
Redesain Identitas Visual SMK Taruna Bangsa” Secara Tepat
Waktu.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
SMK Taruna Bangsa merupakan Sekolah Menengah Kejuruan yang telah
siap menaikan nilai serta citra brand-nya di dunia pendidikan. Meski begitu SMK
Taruna Bangsa memiliki kekurangan dalam penerapan identitas visualnya dalam
beragam kegiatannya. Sebagai contoh diantaranya konsistensi identitas, sistem
identitas yang belum aplikatif, penerapan prinsip desain yang belum baik, serta
belum interaktif dan sesuai dengan target audiens. Maka dari itu penulis melakukan
perancangan ulang atau redesain identitas visual SMK Taruna Bangsa dengan
menggunakan konsep identitas yang sudah ada selama lebih dari 20 tahun SMK
Taruna Bangsa berdiri. Perancangan ini menggunakan metodologi Research and
Development model 4D yang terdiri dari tahapan diantaranya: Define, Design,
Develop, Dissaminate. Dalam menganalisis data perancangan ini menggunakan
metodologi analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, & Threat). Keyword
yang digunakan sebagai core value : Ingenious (Terampil), Honorable (Terhormat),
& Modern. Adapun keyword untuk Brand Personality: Active, Inspiring, dan
Discipline. Warna yang digunakan diantaranya: Sacramento State Green yang
bermakna kedisiplinan dan ketekunan, Carribean Green yang bermakna kejujuran
dan keternbukaan, Orange Crayola yang bermakna keterampilan dan kreatifitas.
Logo SMK Taruna Bangsa menggunakan inspirasi serta pondasi utama burung
hantu celepuk gunung yang juga memiliki julukan Burung Hantu RADAR.
Actions (login required)
|
View Item |