Evaluasi Layanan Referensi Perpustakaan Universitas Bung Hatta

Putra, Thomas Yundra (2024) Evaluasi Layanan Referensi Perpustakaan Universitas Bung Hatta. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_8_THOMAS_YUNDRA_PUTRA_18234108_769_2024.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan evaluasi layanan referensi yang kemudian dilihat dari teori CIPP Evaluation Model. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode deskriptif. Variabel pada penelitian ini ayanan referensi perpustakaan dengan sub variabel yaitu evaluasi layanan perpustakaan dengan menggunakan model evaluasi CIPP. Populasi pada penelitian ini, yaitu pengunjung layanan referensi di Perpustakaan Universitas Bung Hatta dari bulan Januari 2023 hingga bulan November 2023 dengan pengambilan sampel menggunakan rumus non probability silling dengan teknik pengambilan accidental sampling. Jumlah sampel, yaitu sebesar 61 pemustaka. Instrumen utama yang digunakan yaitu kuesioner penelitian yang sudah diuji validitas dan reliabilitasnya. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner. Data dianalisis melalui tahapan pemeriksaan, tabulasi, dan penarikan kesimpulan Hasil penelitian adalah Pertama, pada evaluasi konteks yaitu fungsi layanan referensi terdapat 3 pernyataan yang memiliki skor rata-rata sebesar 3.11. Skor ini berada pada skala 2,50-3,24 yang berarti baik. Kedua, pada evaluasi masukan terdapat 3 sub indikator, (1) pustakawan yang terdiri dari 4 pernyataan dan memiliki skor rata-rata sebesar 3,24. Skor ini berada pada skala 2,50-3,24 yang berarti baik; (2) koleksi yang terdiri dari 5 pernyataan dan memiliki skor rata-rata sebesar 3,24. Skor ini berada pada skala 2,50-3,24 yang berarti baik; (3) katalog yang terdiri dari 3 pernyataan dan memiliki skor rata-rata sebesar 3,09. Skor ini berada pada skala 2,50-3,24 yang berarti baik. Ketiga, pada evaluasi proses terdapat 2 sub indikator, (1) layanan referensi perpustakaan yang terdiri dari 5 pernyataan dan memiliki skor rata-rata sebesar 3.25. Skor ini berada pada skala interval 3,25-4,00 yang berarti sangat baik; (2) layanan penelusuran informasi yang terdiri dari 3 pernyataan dan memiliki skor rata-rata sebesar 3,16. Skor ini berada pada skala 2,50-3,24 yang berarti baik. Keempat, pada evaluasi produk terdapat 2 sub indikator, (1) data pengunjung yang terdiri dari 3 pernyataan dan memiliki skor rata-rata sebesar 3,20. Skor ini berada pada skala 2,50-3,24 yang berarti baik; (2) tingkat kepuasan pemustaka yang terdiri dari 3 pernyataan dan memiliki skor rata-rata sebesar 3,20. Skor ini berada pada skala 2,50-3,24 yang berarti baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorArdoni, ArdoniUNSPECIFIED
CorrectorDesriyeni, DesriyeniUNSPECIFIED
CorrectorErlianti, GustinaUNSPECIFIED
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Perpustakaan dan Ilmu Informasi - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 16 May 2024 03:42
Last Modified: 16 May 2024 03:42
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51938

Actions (login required)

View Item View Item