Yose, David
(2024)
Fenomna Perilaku Konsumtif Remaja Kota Padang penikmat Coffee Shop.
Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Sosial.
Abstract
Fokus kajian penelitian ini adalah untuk melihat tentang apa saja bentukfenomena prilaku konsumtif yang terjadi pada kalangan remaja penikmat Cof ee Shopdilihat dari aspek ketertarikan menikmati kopi di coffee shop, kegiatan konsumsi
dalam bentuk alasan memilih coffee shop. Penelitian ini menggunakan teori dari JeanBaudrillard dimana asumsi teorinya dalam buku yang berjudul The Consumer SocietyMyth and Structures Menurut teori Baudrillard, kini logika konsumsi masyarakat
bukan lagi berdasarkan use value atauexchange value melainkan hadir nilai baruyangdisebut “symbolic value”. Maksudnya, orang tidak lagi mengkonsumsi objekberdasarkan nilai tukar atau nilai guna, melainkan karena nilai tanda / simbolis yangsifatnya abstrak dan terkonstruksi. Hal ini disebabkan karena beberapa bagiandari
tawaran iklan justru menafikan kebutuhan konsumen akan keunggulan produk, melainkan dengan menyerang rasa sombong tersembunyi dalam diri manusia, produkditawarkan sebagai simbol prestise & gaya hidup mewah yang menumbuhkanrasabangga yang klise dalam diri pemakainya (Baudrillard, 2004:87). Metode penelitianyang di gunakan adalah pendektan kualitatif, dengan tipe penelitian studi kasus, pemilihan informan dilakukan secara purposive sampling dengan 15 orang informan, pengumpulan data dilakukan secara observasi, wawancara mendalam, studi
kepustakaan, dan studi dokumentasi. Data di analisis dengan teknik analisis interaktif
Miles dan Huberman dengan cara reduksi data, penyajian data dan menarik
ii
kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan alasan memilih Coffee Shopsebagai tempat nongkrong, yaitu: (1) membeli kopi di Coffee Shop karna di
pengaruhi pergaulan (2) membeli kopi di Coffee Shop karna menunjang status sosial.
Actions (login required)
|
View Item |