Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar

Afrilia, Lizra (2023) Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_LIZRA_AFRILIA_20124015_1951_2023.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya penggunaan media pembelajaran membuat proses pembelajaran menjadi monoton, siswa kurang bersemangat dan merasa cepat bosan saat belajar. Hal tersebut berdampak terhadap rendahnya motivasi belajar dan hasil belajar siswa. Oleh karena itu, Media video animasi dijadikan sebagai media alternatif untuk menyampaikan materi pelajaran agar siswa menjadi termotivasi dalam belajar dan lebih mudah memahami materi yang disampaikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan media video animasi dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Dan apakah terdapat efektifitas media pembelajaran berbasis video animasi terhadap peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa kelas IV di SDN Lhok Pawoh Kabupaten Aceh Selatan. Pendekatan yang digunakan yaitu kuantitatif dengan desain penelitian non equivalent control group desain dimana sampel dalam penelitian ini diambil secara tidak acak atau menentukan kelas yang tersedia. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi, angket, serta tes. Penelitian ini menggunakan dua kelas yakni kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Berdasarkan hasil analisis data, disimpulkan bahwa 1) Terdapat efektifitas media pembelajaran berbasis video animasi dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV SDN Lhok Pawoh. Hal ini dibuktikan dengan hasil pengujian hipotesis yang menolak Ho1 dan menerima Ha1 dengan nilai t tes > t table (2,24>2,08). 2) Terdapat efektivitas media pembelajaran berbasis video animasi dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Lhok Pawoh. Hal ini dibuktikan dengan hasil pengujian hipotesis yang menolak Ho2 dan menerima Ha2 dengan nilai t tes > t table (2,75 >2,08). Berdasarkan hasil analisis data tersebut dinyatakan bahwa terdapat efektivitas media pembelajaran berbasis video animasi terhadap peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Lhok Pawoh.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNeviyarni, NeviyarniUNSPECIFIED
CorrectorArief, DarnisUNSPECIFIED
CorrectorAmini, RisdaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 16 May 2024 01:54
Last Modified: 16 May 2024 01:54
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51905

Actions (login required)

View Item View Item