Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran Geografi di SMA Negeri 1 Gunung Talang

Prasantika, Arsih (2024) Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran Geografi di SMA Negeri 1 Gunung Talang. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
B.1_01_ARSIH_PRASANTIKA_19045003_733_2024.pdf

Download (751kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan pembelajaran berdiferensiasi dalam kurikulum merdeka pada mata pelajaran geografi di SMA Negeri 1 Gunung Talang. Jenis penelitian adalah kualitatif dengan subjek penelitian sebanyak 3 orang guru mata pelajaran geografi kelas X di SMA Negeri 1 Gunung Talang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan studi dokumen. Teknik analisis data menggunakan model interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menemukan bahwa pada kegiatan pra – pembelajaran berdiferensiasi untuk mengetahui gaya belajar peserta didik hanya dilakukan oleh guru BK dan guru mata pelajaran geografi tidak mengambil data tersebut. Perencanaan berupa Modul Ajar dan Capaian Pembelajaran dirancang secara bersama – sama dalam suatu kegiatan lokakarya dan MGMP. Capaian Pembelajaran disesuaikan dengan dokumen keputusan kepala BSKAP No. 033/H/KR/2022. Konten disajikan berupa Buku cetak, PPT, Video, dan Suara yang lantang dan jelas. Dalam proses pembelajaran guru menggunakan model pembelajaran PJBL, PBL, dan Inquiry Learning, serta terjadi pembelajaran yang interaktif, inspiratif, fasilitator, menyenangkan, menantang, memotivasi, dan memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik. Peserta didik diberikan kebebasan membuat produk sesuai minat dan kemampuan masing – masing. Produk peserta didik berupa catatan, PPT, dan mindmap.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSuasti, YurniUNSPECIFIED
CorrectorFebriandi, FebriandiUNSPECIFIED
CorrectorErnawati, ErnawatiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pra-pembelajaran, Perencanaan, Berdiferensiasi konten, Berdiferensiasi proses, Berdiferensiasi produk
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 15 May 2024 07:51
Last Modified: 15 May 2024 07:51
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51874

Actions (login required)

View Item View Item