Efektivitas Layanan Informasi Menggunakan Model Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa.

Abdurrahman, Faris (2024) Efektivitas Layanan Informasi Menggunakan Model Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
B1_5_FARIS_ABDURRAHMAN_21151035_1468_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Sikap percaya diri merupakan hal utama yang harus dimiliki oleh seorang siswa dalam belajar serta pada kehidupan sehari-hari. Karena dengan sikap percaya diri akan ada suatu keyakinan dalam diri individu terhadap segala aspek kelebihan dan kemampuan yang dimilikinya. Dengan keyakinan tersebut membuatnya mampu untuk bisa mencapai berbagai tujuan dalam hidupnya. Salah satu upaya yang dilakukan guru BK untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa dengan menggunakan layanan informasi menggunakan model inkuiri terbimbing. Inkuiri terbimbing merupakan serangkaian kegiatan belajar yang menekankan pada proses berpikir secara kritis dan analitis untuk mencari dan menemukan sendiri jawaban yang sudah pasti dari suatu masalah yang ditanyakan. Proses berpikir itu sendiri biasanya dilakukan melalui tanya jawab antara guru dan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh: 1) perbedaan kepercayaan diri siswa kelompok eksperimen sebelum dan setelah diberikan perlakuan layanan informasi yang menggunakan pendekatan inkuiri terbimbing. 2) perbedaan kepercayaan diri siswa kelompok kontrol sebelum dan setelah diberikan layanan informasi tanpa perlakuan khusus. 3) perbedaan kepercayaan diri siswa kelompok eksperimen yang diberi perlakuan layanan informasi menggunakan model inkuiri terbimbing dengan kelompok kontrol yang diberikan tanpa perlakuan khusus. Penelitian ini digolongkan pada penelitian quasi experiment the non equivalent control group. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Purposive sampling sebanyak 58 siswa di SMP N 27 Padang. Teknik analisis data menggunakan t-test dengan instrumen penelitian menggunakan model skala likert. Sedangkan untuk nilai Alpha Cronbach instrumen tersebut dinyatakan reliabel kepercayaan diri siswa sebesar 0,899. Uji analisis data statistik dalam penelitian ini menggunakan t-test menggunakan SPSS versi 20.00. Temuan penelitian memperlihatkan bahwa, (1)terdapat perbedaan kepercayaan diri siswa kelompok eksperimen sebelum dan setelah diberikan perlakuan layanan informasi yang menggunakan pendekatan inkuiri terbimbing dengan Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < α 0,05 dan rhitung 8,470 > rtebel (df28) - 2,048, (2) terdapat perbedaan kepercayaan diri siswa kelompok kontrol sebelum dan setelah diberikan layanan informasi tanpa perlakuan khusus dengan Asymp. Sig. (2- tailed) sebesar 0,000 < α 0,05. dan rhitung 4,734 > rtebel (df28) 2,048, (3) terdapat perbedaan kepercayaan diri siswa kelompok eksperimen yang diberi perlakuan layanan informasi menggunakan model inkuiri terbimbing dengan kelompok kontrol yang diberikan tanpa perlakuan khusus dengan Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,001 < α 0,05. dan rhitung 3,597 > rtebel (df56) 2,00324. Berdasarkan hasil analisis data di atas, dapat disimpulkan bahwa layanan infromasi tanpa menggunakan model inkuiri terbimbing juga baik untuk dilaksanakan asalkan tahap-tahapan dilakukan dengan baik, akan tetapi layanan infromasi menggunakan model inkuiri terbimbing lebih efektif dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNevivarni, NevivarniUNSPECIFIED
CorrectorFirman, FirmanUNSPECIFIED
CorrectorSukma, DinaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: KEPERCAYAAN DIRI SISWA, LAYANAN INFORMASI, INKUIRI TERBIMBING
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
L Education > LC Special aspects of education
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 15 May 2024 07:34
Last Modified: 15 May 2024 07:34
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51873

Actions (login required)

View Item View Item