Potret Kekerasan Ibu Terhadap Anak Perempuan dalam Novel Ibuku Tak Menyimpan Surga di Telapak Kakinya Karya Triani Retno A

Sahara, Nurfadilla (2024) Potret Kekerasan Ibu Terhadap Anak Perempuan dalam Novel Ibuku Tak Menyimpan Surga di Telapak Kakinya Karya Triani Retno A. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_2_NURFADILLA_SAHARA_20017105_1309_2024.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis bentuk kekerasan, penyebab kekerasan, dan dampak kekerasan dalam novel Ibuku Tak Menyimpan Surga di Telapak Kakinya karya Triani Retno A. Penelitian ini merupakan penelitian sastra dengan menggunakan metode deskriptif. Sumber data penelitian ini adalah dalam novel Ibuku Tak Menyimpan Surga di Telapak Kakinya karya Triani Retno A. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah membaca dan memahami novel Ibuku Tak Menyimpan Surga Di Telapak Kakinya karya Triani Retno A, melakukan studi kepustakaan yang berkaitan dengan masalah penelitian dan menguasai permasalahan yang ada dalam novel Ibuku Tak Menyimpan Surga Di Telapak Kakinya karya Triani Retno A, menandai dan mencatat data-data yang berkaitan dengan kekerasan Ibu terhadap anak perempuan dalam novel Ibuku Tak Menyimpan Surga Di Telapak Kakinya karya Triani Retno A, dan menginventarisasi data potret kekerasan Ibu terhadap anak perempuan dalam novel Ibuku Tak Menyimpan Surga Di Telapak Kakinya karya Triani Retno A. Teknik pengabsahan data yang dilakukan pada penelitian ini adalah teknik triangulasi. Teknik triangulasi adalah teknik pemeriksaan pengabsahan data yang memanfaatkan realitas sosial untuk keperluan pengecekan atau sebagai pembanding terhadap data itu. Teknik penganalisisan data dalam penelitian ini adalah (1) mengelompokkan/mengklasifikasikan data tentang konflik sosial yang terdapat dalam novel, (2) menganalisis data sesuai dengan teks, (3) menarik kesimpulan tentang permasalahan yang terdapat dalam novel dan menulis dalam bentuk skripsi. Hasil penelitian ini adalah pertama, bentuk kekerasan dalam novel Ibuku Tak Menyimpan Surga Di Telapak Kakinya karya Triani Retno A ditemukan bentuk kekerasan fisik, kekerasan psikologis, kekerasan seksual, dan kekerasan ekonomi. Kedua, penyebab kekerasan dalam novel Ibuku Tak Menyimpan Surga Di Telapak Kakinya karya Triani Retno A terbagi ke dalam faktor internal dan faktor eksternal. Ketiga, dampak kekerasan dalam novel Ibuku Tak Menyimpan Surga Di Telapak Kakinya karya Triani Retno A terbagi ke dalam kesehatan mental, tingkah laku, kesehatam fisik, ekonomi, dan sosial.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAdek, MuhammadUNSPECIFIED
CorrectorHayati, YenniUNSPECIFIED
CorrectorPangesti, Nesa RiskaUNSPECIFIED
Subjects: P Language and Literature > PQ Romance literatures
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 15 May 2024 06:13
Last Modified: 15 May 2024 06:13
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51865

Actions (login required)

View Item View Item