Analisis Wacana Kritis Model Teun A. Van Dijk dalam Kumpulan Cerpen Dua Pilar Rindu Karya Bengkel Literasi Rakyat Sumbar dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Teks Cerpen SMP

Ramadhan, Ilham (2024) Analisis Wacana Kritis Model Teun A. Van Dijk dalam Kumpulan Cerpen Dua Pilar Rindu Karya Bengkel Literasi Rakyat Sumbar dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Teks Cerpen SMP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_2_ILHAM_RAMADHAN_19016023_1565_2024.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan praktik kekuasaan dan akses yang memengaruhi wacana dalam kumpulan cerpen Dua Pilar Rindu karya Bengkel Literasi Rakyat Sumbar dan dan implikasinya terhadap pembelajaran teks cerpen di Sekolah Menengah Pertama. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Data dalam penelitian ini berupa kata, frasa, klausa, dan kalimat ditinjau dari konteks sosial analisis wacana kritis model Teun A. Van Dijk. Pertama, praktik kekuasaan terbagi atas tiga indikator, yakni kepemilikan sumber bernilai, persuasif, dan dominasi. Kedua, akses yang memengaruhi wacana terbagi atas empat indikator, yakni akses perencanaan, akses setting, akses kontrol komunikasi, dan akses kontrol khalayak. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah human instrumen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi. Pertama, peneliti membaca dan memahami empat belas cerpen Dua Pilar Rindu karya Bengkel Literasi Rakyat Sumbar. Kedua, peneliti mencatat data kata, frasa, klausa, dan kalimat ditinjau dari konteks sosial analisis wacana kritis model Teun A. Van Dijk. Teknik pengabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif. Pertama, mengidentifikasi data. Kedua, menyajikan data. Ketiga, menganalisis data. Keempat, menganalisis data. Kelimat, membuat kesimpulan dari data yang telah dianalisis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ditemukan data lima puluh empat data praktik kekuasaan dan tiga puluh sembilan data akses yang meemengaruhi wacana dalam empat belas cerpen Dua Pilar Rindu karya Bengkel Literasi Rakyat Sumbar. Pertama, data praktik kekuasaan meliputi kepemilikan sumber bernilai, persuasif, dan dominasi ditinjau dari konteks sosial analisis wacana kritis model Teun A. Van Dijk. Data praktik kekuasaan yang paling dominan ditemukan adalah dominasi, sedangkan yang paling sedikit ditemukan adalah kepemilikan sumber bernilai. Data akses yang memengaruhi wacana yang paling dominan ditemukan adalah akses kontrol khalayak, sedangkan yang paling sedikit adalah akses kontrol komunikasi. Praktik kekuasaan dan akses yang memengaruhi wacana ditinjau dari konteks sosial analisis wacana kritis model Teun A. Van Dijk memiliki keterkaitan satu sama lain yang menjadikan wacana sebagai alat supaya kelompok yang berkuasa mampu menguasai kelompok yang tidak berkuasa. Selain itu, hasil penelitian ini juga dipaparkan dalam bentuk Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang dapat diimplikasikan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP kelas XI dalam materi teks cerpen KD 3.5 dan 4.5.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorZulfikarni, ZulfikarniUNSPECIFIED
CorrectorTressyalina, TressyalinaUNSPECIFIED
CorrectorRasyid, YuliantiUNSPECIFIED
Subjects: P Language and Literature > PQ Romance literatures
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 15 May 2024 01:56
Last Modified: 15 May 2024 01:56
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51860

Actions (login required)

View Item View Item