Sistem Monitoring Efektivitas Daya Panel Surya Secara Real Time Berdasarkan Potensi Energi Surya Berbasis Mikrokontroler

Hasanti, Widya Sukma (2024) Sistem Monitoring Efektivitas Daya Panel Surya Secara Real Time Berdasarkan Potensi Energi Surya Berbasis Mikrokontroler. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_06_WIDYA_SUKMA_HASANTI_19034096_977_2024.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Indonesia merupakan salah satu negara dengan potensi energi surya yang besar, yaitu sekitar 3.294,4 GW yang tercatat pada tahun 2022. Namun pemanfaatan energi surya selama tahun 2022 hanya sebesar 0,01%. Dari permasalahan tersebut, dilakukan sebuah penelitian yang bertujuan untuk memantau daya yang dihasilkan panel surya dan mengukur efektivitas panel terhadap potensi energi surya berdasarkan sistem yang telah dibangun. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian rekayasa. Penelitian dilaksanakan pada Juni 2023 sampai September 2023. Data yang dikumpulkan untuk menganalisis efektivitas panel surya adalah tegangan, arus, daya listrik, intensitas cahaya, dan iradiasi matahari. Dari data ini dapat dianalisis keefektivan panel surya serta pengaruh cuaca terhadap daya yang dihasilkan panel surya melalui grafik yang sudah di plot. Dari sistem yang telah dibangun didapatkan hasil spesifikasi desain dan performansi sistem. Hasil spesifikasi performansi sistem terdiri dari rangkaian elektronika alat dan desain tampilan monitoring pada Thingspeak. Sistem menggunakan sensor INA219 dan BH1750 untuk pengukuran tegangan, arus, dan intensitas cahaya. Dari hasil spesifikasi desain, sensor yang digunakan pada sistem memiliki nilai linearitas yang tinggi, ketepatan, dan ketelitian yang baik. Hasil pengukuran efektivitas panel surya monocrystalline dan polycrystalline selama 3 hari pada sudut kemiringan 15° menunjukkan bahwa keduanya bekerja dengn baik dalam menyerap energi matahari. Namun, panel monocrystalline lebih efektif dalam menyerap energi surya dibandingkan dengan panel polycrystalline.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYulkifli, YulkifliUNSPECIFIED
CorrectorAsrizal, AsrizalUNSPECIFIED
CorrectorMairizwan, MairizwanUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: POTENSI ENERGI SURYA, MIKROKONTROLER
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 14 May 2024 08:07
Last Modified: 14 May 2024 08:07
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51854

Actions (login required)

View Item View Item