Penggunaan Nearpod Berbasis RADEC dalam Penyusunan E-LKPD Mata Pelajaran IPAS untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar.

Syahrir, Didi (2024) Penggunaan Nearpod Berbasis RADEC dalam Penyusunan E-LKPD Mata Pelajaran IPAS untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
B1_7_01_DIDI_SYAHRIR_ 22124011_1485_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin pesat mengarahkan dunia pendidikan untuk menerapkan teknologi dalam melaksanakan pembelajaran di sekolah. Salah satunya penyusunan E-LKPD menggunakan pemanfaat aplikasi Nearpod berbasis RADEC. Hal ini sesuai dengan hasil observasi yang menunjukkan bahwa LKPD yang digunakan di sekolah masih berupa handout yang dicetak oleh guru dan dibagikan pada siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk penyusunan E-LKPD menggunakan pemanfaatan aplikasi Nearpod berbasis RADEC pada pembelajaran IPAS sekolah dasar yang valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian ini adalah R&D dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu analyze, design, development, implementation dan evaluation. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober 2023 di SDN 01 Patamuan , SDN 05 Patamuan dan SDN 15 Patamuan. Subjek penelitian ini ialah siswa kelas IV sekolah dasar yang berjumlah 77 siswa. Sumber data pada penelitian ini adalah data primer yang diperoleh secara langsung dari sumber pertama. Instrumen penelitian ini adalah berupa angket, tes dan lembar pengamatan dan menggunakan lembar validasi untuk menguji tingkat kevalidan bahan ajar dari 5 orang ahli yaitu 3 orang ahli materi, 1 orang ahli bahasa dan 1 orang ahli media. Hasil yang diperoleh dari penyusunan ELKPD menggunakan aplikasi Nearpod berbasis RADEC yaitu untuk validitas materi memperoleh nilai 91% validitas media memperoleh nilai 84% dan validitas bahasa memperoleh nilai 84%. Pada angket praktikalitas respon guru memperoleh nilai 91% dan angket praktikalitas respon peserta didik memperoleh nilai 90%. Selanjutnya uji efektivitas E-LKPD yang berdasarkan tingkat keaktifan siswa yang berada pada angka 87,33%, hasil belajar siswa diperoleh rata rata 85. Setelah itu, uji N Gain score persen dengan perolehan nilai yaitu 76,03 dengan kategori efektif dan rata rata yang diperoleh pre-test yaitu 56,53 naik menjadi 89 saat post-test. Maka, dapat disimpulkan bahwa E-LKPD yang dikembangkan sudah memenuhi kategori valid, praktis, dan efektif sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAhmad, SyafriUNSPECIFIED
CorrectorMiaz, YalvemaUNSPECIFIED
CorrectorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: MEDIA PEMBELAJARAN, SISWA, HASIL BELAJAR
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
T Technology > TI Technology Information, Computer
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 14 May 2024 06:52
Last Modified: 14 May 2024 06:52
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51852

Actions (login required)

View Item View Item