Pengembangan Modul Digital Menggunakan Aplikasi Flip PDF Professional pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila di Kelas IV Sekolah Dasar Gugus 1 Kecamatan Guguk Panjang Kota Bukittinggi.

Putri, Amelisa (2024) Pengembangan Modul Digital Menggunakan Aplikasi Flip PDF Professional pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila di Kelas IV Sekolah Dasar Gugus 1 Kecamatan Guguk Panjang Kota Bukittinggi. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
B1_6_AMELIA_PUTRI_1912900_750_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan buku ajar cetak di sekolah dasar kurang mampu meningkatkan partisipasi, keaktifan dan motivasi belajar peserta didik.Bahan ajar yang digunakan oleh guru belum pernah menggunakan modul digital menggunakan aplikasi Flip PDF Professional.Tujuan penelitian adalah untuk mengembangkan modul digital menggunakan Aplikasi Flip PDF Professional Pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila Di Kelas IV Sekolah Dasar Gugus 1 Kecamatan Guguk Panjang Kota Bukittinggi. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) menggunakan model 4D. Model 4D ini terdiri dari empat langkah yaitu: pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (development), dan penyebaran (dessiminate). Modul digital yang telah dikembangkan kemudian dilakukan uji validitas.Validasi produk terdiri dari uji validasi aspek materi, bahasa dan media. Kemudian subjek uji coba produk di SD Negeri 12 Bukit Cangang, subjek penelitian di SD Negeri 14 ATTS dan sekolah penyebaran di SD Negeri 01 Benteng untuk mengetahui uji efektivitas dan praktikalitas dari modul digital yang dikembangkan. Hasil uji validitas 90% untuk aspek materi, 97% untuk aspek bahasa, dan 98% untuk aspek media. Uji efektivitas pada pertemuan 1 dengan hasil ketuntasan peserta didik 86% dan untuk pertemuan 2 dengan persentase 88%. Uji praktikalitas respon guru dengan nilai 92% dan respon peserta didik dengan nilai 94% dengan kategori sangat praktis. Jadi dapat disimpulkan bahwa Pengembangan Modul Digital Menggunakan Aplikasi Flip PDF Professional pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila di Kelas IV Sekolah Dasar Gugus 1 Kecamatan Guguk Panjang Kota Buktitinggi dinyatakan sangat valid, sangat efektif dan sangat praktis untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorReinita, ReinitaUNSPECIFIED
CorrectorWaldi, AtriUNSPECIFIED
CorrectorIndrawati, TinUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: MODUL DIGITAL, APLIKASI FLIP, PEMBELAJARAN
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
T Technology > TI Technology Information, Computer
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 13 May 2024 06:47
Last Modified: 13 May 2024 06:47
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51831

Actions (login required)

View Item View Item