Perbedaan Hasil Belajar Ekonomi Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Powtoon dengan Pembelajaran Konvensional pada Siswa Kelas XI di SMA Pertiwi 1 Padang.

Nurhafiza, Nurhafiza (2024) Perbedaan Hasil Belajar Ekonomi Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Powtoon dengan Pembelajaran Konvensional pada Siswa Kelas XI di SMA Pertiwi 1 Padang. Skripsi thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
B1_1_NURHAFIZA_19053052_1183_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar ekonomi menggunakan model pembelajaran problem based learning berbantuan media Powtoon dengan pembelajaran konvensional pada siswa kelas XI SMA Pertiwi 1 Padang dengan jenis penelitian quasi experimental desain. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Jumlah sampel yang digunakan 72 orang yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Uji hipotesis yang digunakan yaitu Uji Independent Sample t-test dan Uji Paired Sample t-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran problem based learning berbantuan media powtoon dengan pembelajaran konvensional. Hal ini dapat dilihat dari nilai posttest model pembelajaran problem based learning berbantuan media powtoon sebesar 80,11 dan nilai posttest pembelajaran konvensional sebesar 68,11 dengan selisih 12. Dan juga model pembelajaran problem based learning berbantuan media powtoon berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dari uji paired sample t-test sebesar 0,000 < 0,005 yang artinya H0 ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorArmiati, ArmiatiUNSPECIFIED
CorrectorHayati, Annur FitriUNSPECIFIED
CorrectorArita, SriUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PROBLEM BASED LEARNING, MEDIA POWTOON, HASIL BELAJAR
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 08 May 2024 05:48
Last Modified: 08 May 2024 05:48
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51805

Actions (login required)

View Item View Item