Pengaruh Penggunaan Internet terhadap Keterampilan Literasi Informasi Masyarakat di Kelurahan Balai-Balai Kota Padang Panjang.

Febriola, Rezzy (2024) Pengaruh Penggunaan Internet terhadap Keterampilan Literasi Informasi Masyarakat di Kelurahan Balai-Balai Kota Padang Panjang. Skripsi thesis, Fakultas Bahasa dan Seni.

[img]
Preview
Text
B1_8_REZZY_FEBRIOLA_19234095_988_2024.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) keragaman penggunaan internet masyarakat di kelurahan Balai-Balai Kota Padang Panjang, (2) keterampilan literasi informasi masyarakat di kelurahan Balai-Balai Kota Padang Panjang, (3) pengaruh penggunaan internet terhadap keterampilan literasi informasi masyarakat di kelurahan Balai-Balai Kota Padang Panjang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Populasi pada penelitian ini yaitu masyarakat di Kelurahan Balai-Balai Kota Padang Panjang dengan pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Instrumen utama yang digunakan yaitu kuesioner penelitian yang sudah diuji kevalidan dan ke reliabilitas, jumlah sampel sebesar 98 orang. Populasi pada penelitian yaitu masyarakat di Kelurahan Balai-Balai Kota Padang Panjang. Teknik pengumpulan data yaitu teknik kuesioner dan pengolahan data kuesioner melalui tahapan editing dan tabulasi. Hasil penelitian yaitu: (1) penggunaan internet masyarakat memiliki skor rata-rata jawaban 3,21 skor ini berada pada skala interval 2,50 – 3,24 yang artinya penggunaan internet masyarakat Balai-Balai Kota Padang Panjang tergolong baik. Hal ini dilihat dari intensitas, kemanfaatan dan efektivitas penggunaan internet dilakukan dengan baik; (2) literasi informasi masyarakat memiliki skor rata-rata jawaban 3,11 skor ini berada pada skala interval 2,50 – 3,24 yang artinya literasi informasi masyarakat Balai-Balai Kota Padang Panjang tergolong baik. Hal ini dilihat dari keterampilan literasi informasi dalam menentukan kebutuhan informasi, menemukan informasi, mengevaluasi informasi dan menggunakan informasi untuk tujuan tertentu dengan memahami aspek dinilai baik; (3) pengaruh penggunaan internet terhadap keterampilan literasi informasi masyarakat di Kelurahan Balai-Balai Kota Padang Panjang adalah kuat. Dari hasil uji regresi SPSS diperoleh nilai koefisien korelasi sebesar R = 0,787, artinya pengguna internet memberikan pengaruh positif terhadap keterampilan literasi informasi. Semakin tinggi penggunaan internet maka akan semakin tinggi keterampilan literasi informasi di Kelurahan Balai-Balai Kota Padang Panjang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNelisa, MaltaUNSPECIFIED
CorrectorNurizzati, NurizzatiUNSPECIFIED
CorrectorArdoni, ArdoniUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: LITERASI INFORMASI, INTERNET, PERPUSTAKAAN
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4050 Electronic information resources
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Perpustakaan dan Ilmu Informasi - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 07 May 2024 01:45
Last Modified: 07 May 2024 01:45
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51768

Actions (login required)

View Item View Item