Pengaruh Pendekatan Multiple Intelligences terhadap Hasil Belajar Pada Pembelajaran Seni Tari Di Sma Negeri 2 Gunung Talang

Ramadhona, Rezky Suci (2023) Pengaruh Pendekatan Multiple Intelligences terhadap Hasil Belajar Pada Pembelajaran Seni Tari Di Sma Negeri 2 Gunung Talang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_REZKY_SUCI_RAMADHONA_17023126_7700_2023.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat adanya pengaruh pendekatan multiple intelligence terhadap hasil belajar siswa dari perbedaaan hasil pembelajaran siswa yang menjalani pembelajaran seni tari secara konvensional dengan hasil pembelajaran siswa yang menjalani pembelajaran dengan pendekatan multiple intelligence. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi yaitu siswa kelas XI SMA N 2 Gunung Talang yang terdiri 5 Kelas dengan jumlah 144 orang siswa dengan menggunakan teknik purpositive sampling. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes pengetahuan dengan menggunakan pre test dan post-test dan tes keterampilan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data dengan cara tes pengetahuan dan tes keterampilan. Pengujian Persyaratan analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan pendekatan multiple intelligences di kelas eksperimen memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa SMA 2 Gunung Talang. Hal ini bisa dilihat dari perbedaan nilai rata-rata kelas eksperimen 80,48 lebih tinggi dari pada nilai rata-rata kelas kontrol 74,15. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dapat pula disimpulkan bahwa hipotesis alternative (H1) diterima karena thitung 6,19> ttabel 1,67. Dengan kata lain pembelajaran dengan pendekatan multiple intelligences berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa SMA Negeri 2 Gunung Talang. Hal tersebut juga terlihat dari selisih nilai rata-rata antara kelas eksperimen lebih tinggi jika dibandingkan dengan nilai rata-rata kelas kontrol tanpa menggunakan media audio visual ( 80,48>74,15). Dengan demikian pembelajaran dengan pendekatan multiple intelligences berpengaruh terhadap hasil belajar seni tari siswa di SMA Negeri 2 Gunung Talang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYuliasma, YuliasmaUNSPECIFIED
CorrectorAstuti, FujiUNSPECIFIED
CorrectorDesfiarni, DesfiarniUNSPECIFIED
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 06 May 2024 09:01
Last Modified: 06 May 2024 09:01
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51766

Actions (login required)

View Item View Item