Pengembangan Aplikasi Pembelajaran Terintegrasi Augmented Reality pada Materi Asam Basa Fase F SMA/MA

Rahmadani, Sri (2024) Pengembangan Aplikasi Pembelajaran Terintegrasi Augmented Reality pada Materi Asam Basa Fase F SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_07_SRI_RAHMADANI_19035054_1892_2024.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Augmented reality merupakan salah satu teknologi baru yang dapat mensimulasikan objek 2D dan 3D pada level makroskopis, mikroskopis dan simbolis serta teknologi yang dapat menampilkan visualisasi konsep kimia secara real-time dan interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran terintegrasi Augmented Reality pada materi asam basa. Jenis penelitian ini adalah Educational Design Research (EDR) degan model Plomp. Subjek penelitian ini yaitu lima orang dosen kimia UNP, dua guru kimia SMA, dan dua belas peserta didik Fase F tahun ajaran 2023/2024. Instrumen dalam penelitian ini yaitu angket penelitian awal, lembar checklist self evaluation, angket validasi, lembar wawancara one to one evaluation dan angket praktikalitas. Berdasarkan hasil expert review yang melibatkan tujuh ahli yang memberi respon kepada item-item angket dengan tujuh skala pilihan, data menunjukan bahwa validasi konten, konstruk, dan kualitas teknik secara keseluruhan masuk dalam kategori “valid”. Hasil one to one evaluation yang dilakukan dengan tiga peserta didik menunjukkan bahwa aplikasi pembelajaran terintegrasi Augmented Reality memuat instruksi yang jelas dan tampilan yang menarik. Selanjutnya, evaluasi kepraktisan oleh peserta didik dan guru kimia data menunjukan bahwa kemudahan penggunaan, efisiensi waktu, dan manfaat secara keseluruhan masuk dalam kategori “praktis”. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa aplikasi pembelajaran terintegrasi Augmented Reality pada materi asam basa fase F SMA/MA valid dan praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorGuspatni, GuspatniUNSPECIFIED
CorrectorYerimadesi, YerimadesiUNSPECIFIED
CorrectorAlizar, AlizarUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 06 May 2024 09:01
Last Modified: 06 May 2024 09:01
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51761

Actions (login required)

View Item View Item