Pengembangan Moodle Terintegrasi H5P Interactive untuk Pembelajaran Materi Kesetimbangan Kimia Fase F SMA/MA

Hayati, Sriza (2024) Pengembangan Moodle Terintegrasi H5P Interactive untuk Pembelajaran Materi Kesetimbangan Kimia Fase F SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_07_SRIZA_HAYATI_17035045_1893_2024.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Kesetimbangan kimia merupakan salah satu materi pembelajaran yang sulit dipahami oleh peserta didik. Kesulitan peserta didik dalam memahami kesetimbangan kimia didasari pada pemahaman terhadap konsep makroskopik dan mikroskopik. Salah satu komponen yang dapat membantu dan menunjang keberhasilan dalam memahami pembelajaran materi kesetimbangan kimia ialah melalui media pembelajaran. Untuk membantu peserta didik memahami pembelajaran materi kesetimbangan kimia, dilakukan penelitian dengan tujuan mengembangkan Moodle terintegrasi H5P interactive sebagai media pembelajaran yang dapat digunakan dalam meningkatkan pemahaman peserta didik untuk pembelajaran materi kesetimbangan kimia. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian educational design research menggunakan model pengembangan Plomp. Tahap penelitian meliputi tahap penelitian pendahuluan berupa analisis kebutuhan dan konteks, tinjauan literatur, dan pengembangan kerangka konseptual serta tahap pembentukan prototipe III. Subjek penelitian adalah tiga orang dosen kimia UNP dan guru kimia SMAN 1 Pariaman serta peserta didik SMAN 1 Pariaman. Objek penelitian ini adalah Moodle terintegrasi H5P interactive. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu berupa angket dan lembar wawancara. Data hasil penilaian validasi oleh ahli dianalisis dengan menggunakan rumus Aiken’s V. Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan bahwa Moodle terintegrasi H5P interactive untuk pembelajaran materi kesetimbangan kimia fase F SMA/MA dapat dikembangkan dengan model pengembangan Plomp dan dinyatakan valid dengan perolehan nilai rata-rata secara keseluruhan pada aspek konten dan konstruk serta technical quality sebesar 0,88.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorGuspatni, GuspatniUNSPECIFIED
CorrectorParbuntari, HestyUNSPECIFIED
CorrectorYerimadesi, YerimadesiUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 06 May 2024 09:01
Last Modified: 06 May 2024 09:01
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51760

Actions (login required)

View Item View Item