Pengaruh Model Direct Methoder Bantuan Aplikasi FonBi terhadap Keterampilan Menyaji Teks Laporan Pengamatan SiswaKelas VIII SMPN 2 Pariaman.

Suryani, Nurul (2024) Pengaruh Model Direct Methoder Bantuan Aplikasi FonBi terhadap Keterampilan Menyaji Teks Laporan Pengamatan SiswaKelas VIII SMPN 2 Pariaman. Skripsi thesis, Fakultas Bahasa dan Seni.

[img]
Preview
Text
B1_2_NURUL_SURYANI_20016095_780_2024.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini memiliki tiga tujuan. Ketiga tujuan tersebut sebagai berikut.Pertama, mendeskripsikan keterampilan menyaji teks laporan pengamatan siswa kelas VIIISMPN2 Pariaman sebelum menggunakan model directmethod berbatuan aplikasiFonBi.Kedua, mendeskripsikan keterampilan menyajiteks laporan pengamatan siswa kelas VIII SMPN 2 Pariaman sesudah menggunakan model directmethod berbatuan aplikasi FonBi. Ketiga, menganalisis pengaruhpenggunaan model directmethod berbatuan aplikasi FonB iterhadap keterampilan menyaji teks laporan pengamatan siswa kelasVIIISMPN2 Pariaman. Penelitian ini menggunakan tiga teori utama. Ketiga teori itu digunakan dalam menganalisi dan membahas hasil temuan peneliti dalam penelitian ini.Pertama, keterampilan menyaji teks laporan pengamatan. Kedua, model directmethod berbatuan aplikasi FonBi dalam pembelajaran menyaji teks laporan pengamatan. Ketiga, pengaruh model directmethod berbatuan aplikasi FonBi terhadap keterampilan menyaji teks laporan pengamatan siswa. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatifdengan menggunakan penelitian quasi eksperimen. Penelitian ini menggunakandesain penelitian dengan bentuk one-grouppre-test-post-test desain. Sampel yangdigunakandipilihberdasarkanteknikjudgmentsampling.Sampeldalampenelitian ini hanya satu kelas. Data pada penelitian ini berbentuk skor yangdikonversimenjadinilaiberdasarkanduakaliujiketerampilanmenyajitekslaporanpengamatanpadasampel. Terdapat tiga hasil penelitian yang kemudian menjadi simpulan. Ketigahasiltersebutsebagaiberikut.Pertama,keterampilanmenyajitekslaporanpengamatansiswasebelummelakukanpembelajaranmenyajitekslaporanpengamatanmenggunakanmodeldirectmethodberbatuanaplikasiFonBimemperolehrataratasebesar48,33dengankualifikasiHC(HampirCukup).Kedua, keterampilan menyaji teks laporan pengamatan siswa sebelum melakukanpembelajaranmenyajitekslaporanpengamatanmenggunakanmodeldirectmethodberbatuanaplikasiFonBimemperolehrataratasebesar75,41dengankualifikasi Lebih dari Cukup (LdC). Ketiga, Hasil penelitian menunjukkan bahwaterdapatpengaruhmodeldirectmethodberbantuanaplikasiFonBiterhadapketerampilanmenyajitekslaporanpengamatan.Halinidapatdilihatnilaithitung>t tabel (29.583 > 1.69913) pada taraf signifikansi α yaitu 0,05 dan taraf kepercayaansebesar 95%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNursaid, NursaidUNSPECIFIED
CorrectorZulfadhli, ZulfadhliUNSPECIFIED
CorrectorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: MODEL DIRECT METHODER, APLIKASI FONBI, TEKS LAPORAN
Subjects: P Language and Literature > PC Romance languages
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 06 May 2024 09:01
Last Modified: 06 May 2024 09:01
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51759

Actions (login required)

View Item View Item