Pengaruh Semangat Belajar, Orientasi Belajar, Interaksi Online, Multimedia Terhadap Kinerja Belajar Melalui Variabel Cognitive Engagement Sebagai Variabel Mediasi Pada Mahasiswa Di Kota Padang

Shalihah, Mir Atun (2023) Pengaruh Semangat Belajar, Orientasi Belajar, Interaksi Online, Multimedia Terhadap Kinerja Belajar Melalui Variabel Cognitive Engagement Sebagai Variabel Mediasi Pada Mahasiswa Di Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_MIR_ATUN_SHALIHAH_19053014_49_2024.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh perubahan sistem pembelajaran dari tatap muka ke sistem pembelarajaran online. Walaupun sistem pembelajaran online telah diterapkan oleh beberapa universitas sejaklama, namun penyesuian akan sistem pembelajaran online perlu dilakukan. Pada saat pembelajaran daring semangat belajar cenderung rendah, kurangnya interaksi, menurunnya kinerja dan menurunnya cognitive engagement. Dalam meningkatkan semangat belajar di butuhkan orientasi belajar dan penerapan multimedia dalam pelaksanaan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh semangat belajar, orientasi belajar, interaksi online, multimedia terhadap kinerja belajar melalui variabel cognitive engagement sebagai variabel mediasi pada mahasiswa di Kota Padang. Penelitian ini merupakan penelitian kausatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa di Kota Padang. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiwa di Kota Padang. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik multistage sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik SEM AMOS. Instrumen penelitian menggunakan instumen kuesioner dengan Skala Likert. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Semangat belajar berpengaruh terhadap cognitive engagement, 2) Orientasi Belajar berpengaruh terhadap cognitive engagement, 3) Interaksi online tidak berpengaruh terhadap cognitive engagement, 4) Multimedia tidak berpengaruh terhadap cognitive engagement, 5) Semangat belajar bepengaruh terhadap kinerja belajar, 6) Orientasi belajar tidak berpengaruh terhadap kinerja belajar, 7) Interaksi online tidak berpengaurh terhadap kinerja belajar, 8) Multimedia berpengaruh terhadap kinerja belajar, 9) Cognitive engagement berpengaruh terhadap kinerja belajar, 10) Terdapat pengaruh variabel semangat belajar terhadap kinerja belajar yang dimediasi oleh cognitive engagement, 11) Terdapat pengaruh orientasi belajar terhadap kinerja belajar yang dimediasi oleh cognitive engagement, 12) Terdapat pengaruh interaksi online terhadap kinerja belajar yang dimediasi oleh cognitive engagement, 13) Tidak terdapat pengaruh multimedia terhadap kinerja belajar yang dimediasi oleh cognitive engagement.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYulhendri, YulhendriUNSPECIFIED
CorrectorCerya, EfniUNSPECIFIED
CorrectorSusanti, DessiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PENGARUH SEMANGAT BELAJAR
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 03 May 2024 09:18
Last Modified: 03 May 2024 09:18
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51728

Actions (login required)

View Item View Item