Pengaruh Model Pembelajaran Search, Solve, Create, and Share (SSCS) Berbantuan Geogebra terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas IX SMP Negeri 26 Padang

Refandi, Ricky (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Search, Solve, Create, and Share (SSCS) Berbantuan Geogebra terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas IX SMP Negeri 26 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_Ricky_Refandi_19029111_76_2023.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah matematis merupakan salah satu tujuan yang harus dicapai peserta didik dalam pembelajaran matematika. Namun pada kenyataannya kemampuan pemecahan masalah matematis yang dimiliki oleh peserta didik kelas IX SMP Negeri 26 Padang masih rendah, terlihat dari hasil tes awal peserta didik belum mampu menyelesaikan permasalahan secara tepat sesuai dengan indikator-indikator kemampuan pemecahan masalah matematis. Upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran Search, Solve, Create, and Share (SSCS) berbantuan geogebra. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran SSCS berbantuan geogebra lebih baik daripada peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran langsung. Jenis penelitian yang digunakan yaitu quasy experiment dengan rancangan penelitian static group design. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas IX SMP Negeri 26 Padang tahun ajaran 2023/2024, dengan kelas IX.1 dan IX.2 sebagai kelas sampel. Instrumen yang digunakan adalah tes akhir kemampuan pemecahan masalah matematis berbentuk soal uraian. Teknik analisis data menggunakan uji-t, dimana syaratnya data tersebut berdistribusi normal dan memiliki variansi yang homgen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran SSCS berbantuan geogebra lebih baik daripada peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran langsung. Oleh sebab itu, dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh model pembelajaran SSCS berbantuan geogebra terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik di kelas IX SMP Negeri 26 Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHarisman, YulyantiUNSPECIFIED
CorrectorAsmar, AliUNSPECIFIED
CorrectorManda, Trysa GustyaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 03 May 2024 08:03
Last Modified: 03 May 2024 08:03
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51725

Actions (login required)

View Item View Item