Efektivitas Media Pembelajaran Aplikasi Discord Berbasis Flipped Guided Inquiry Learning (FGIL) pada Materi Laju Reaksi Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik

Akmar, Reza (2024) Efektivitas Media Pembelajaran Aplikasi Discord Berbasis Flipped Guided Inquiry Learning (FGIL) pada Materi Laju Reaksi Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_08_Reza_Akmar_20035086_603_2024.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan efektivitas media pembelajaran aplikasi Discord berbasis flipped guided inquiry learning pada materi laju reaksi terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian lanjutan pengembangan model Plomp, efektivitas ditentukan melalui eksperimen semu dengan desain pretest-posttest non-equivalent control group. Didapatkan data hasil belajar dengan rata-rata sebesar 74,72 dan 44,82 pada kelas eksperimen dan kontrol berturutturut. Nilai N-gain dari kelas eksperimen sebesar 0.70 pada kategori tinggi yang mana lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol sebesar 0.33 pada kategori sedang. Dari uji t didapatkan nilai t-hitung = 8,11 > t-tabel = 1,99 sehingga rata-rata hasil belajar antara kelas eksperimen dan kontrol signfikan secara statistik. Dengan nilai N-gain dalam kategori tinggi dan beda rata-rata hasil belajar yang signifikan lebih tinggi, disimpulkan bahwa media pembelajaran aplikasi Discord berbasis FGIL pada materi laju reaksi efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMawardi, MawardiUNSPECIFIED
CorrectorAzhar, MindaUNSPECIFIED
CorrectorAini, SyamsiUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 03 May 2024 07:47
Last Modified: 03 May 2024 07:47
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51717

Actions (login required)

View Item View Item