Analisis Kesalahan Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 3 Padang dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan Tahapan Newman

Mumtaza, Nurul (2023) Analisis Kesalahan Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 3 Padang dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan Tahapan Newman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_Nurul_Mumtaza_19029103_962_2023.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Matematika adalah salah satu mata pelajaran yang penting untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik sekolah menengah atas (SMA). Akan tetapi masih banyak peserta didik yang melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah matematis. Tujuan penelitian ini dilakukan adalah untuk mendeskripsikan kesalahan peserta didik kelas XI SMA Negeri 3 Padang dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah matematis serta mengetahui faktor yang menyebabkan peserta didik melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah matematis. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes pemecahan masalah matematis dan wawancara semi terstruktur. Subjek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMA Negeri 3 Padang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada 5 kesalahan yang dilakukan peserta didik dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah matematis menurut tahapan Newman, yaitu (1) kesalahan membaca sebesar 31%; (2) memahami soal sebesar 46%; (3) mentransformasi sebesar 63%; (4) keterampilan proses sebesar 72%; (5) dan penulisan jawaban akhir sebesar 80%. Jenis kesalahan yang dilakukan subjek kelompok tinggi pada umumnya, yaitu keterampilan proses dan penulisan jawaban akhir. Jenis kesalahan yang dilakukan subjek kelompok sedang pada umumnya yaitu, mentransformasi keterampilan proses dan penulisan jawaban akhir. Jenis kesalahan yang dilakukan subjek kelompok rendah pada umumnya yaitu, memahami soal, mentransformasi, keterampilan proses, dan penulisan jawaban akhir.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorJamaan, Elita ZustiUNSPECIFIED
CorrectorNasution, Minora LonggomUNSPECIFIED
CorrectorFauzan, AhmadUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 03 May 2024 02:45
Last Modified: 03 May 2024 02:45
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51701

Actions (login required)

View Item View Item