Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Berbasis Pendekatan Kontekstual Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Materi Fluida Dinamis Kelas XI SMAN 13 Padang

Parni, Nurul Hasanah (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Berbasis Pendekatan Kontekstual Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Materi Fluida Dinamis Kelas XI SMAN 13 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_05_NURUL_HASANAH_PARNI_18033051_2552_2023.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang terjadi dalam pembelajaran Fisika adalah peserta didik kurang aktif. Aktivitas peserta didik hanya mendengarkan penjelasan pendidik, sehingga tidak mampu mengembangbiakan pengetahuannya sendiri sehingga hasil belajarnya rendah. Penerapan model pembelajaran berbasis pendekatan kontekstual merupakan salah satu solusi yang secara teoritis dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan di atas. Oleh sebab itu dilakukan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran generatif berbasis pendekatan kontekstual terhadap hasil belajar peserta didik materi fluida dinamis kelas XI SMAN 13 Padang. Jenis penelitian adalah eksperimen semu dengan Post-test Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua peserta didik kelas XI MIPA di SMAN 13 Padang tahun pelajaran 2022/2023. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling. Sampel pada penelitian yaitu kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 3 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah lembaran berupa soal objektif. Analisis data menggunakan uji hipotesis yaitu uji t pada taraf nyata 0.05 Hasil penelitian terdapat perbedaan signifikan antara hasil belajar peserta didik pada kelas yang menerapkan model pembelajaran generatif dan kelas yang menerapkan model pembelajaran PBL. Rata-rata hasil belajar peserta didik pada kelas yang menerapkan model pembelajaran generatif adalah 73.14 kelas yang menerapkan model pembelajaran PBL adalah 69.83. Berdasarkan uji hipotesis diperoleh t hitung =9.70 dan t tabel =1.995 pada tingkat signifikan alfa=0.05. Syarat H 0 ditolak adalah jika . Nilai t hitung berada dalam penolakan H 0 , sehingga H 1 diterima. Karena semua variabel dikontrol, kecuali model pembelajaran sehingga dapat dikatakan bahwa penerapan model pembelajaran generatif berbasis pendekatan kontekstual berpengaruh positif terhadap hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAkmam, AkmamUNSPECIFIED
CorrectorGusnedi, GusnediUNSPECIFIED
CorrectorSundari, Putri DwiUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 03 May 2024 02:29
Last Modified: 03 May 2024 02:29
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51700

Actions (login required)

View Item View Item